PENGARUH LATIHAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DENGAN KURSI TERHADAP KEMAMPUAN KOORDINASI MATA-KAKI PADA SISWA SMP HANG TUAH 3 JAKARTA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER FUTSAL

RIZKI RAMADIAN, . (2018) PENGARUH LATIHAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DENGAN KURSI TERHADAP KEMAMPUAN KOORDINASI MATA-KAKI PADA SISWA SMP HANG TUAH 3 JAKARTA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER FUTSAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Rizki Ramadian.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan menggunakan media video dengan kursi terhadap perubahan koordinasi mata-kaki siswa yang mengikuti ekstrakurikuler futsal di SMP Hang Tuah 3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen “One Group Pre-test and Post-test”. Sampel penelitian berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada 30 Oktober 2017 - 29 November 2017. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dengan tes pengukuran koordinasi mata-kaki yang dinamakan wall pass soccer. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan menghitung nilai t-hitung dibandingkan dengan t-tabel pada taraf signifikan 0,05. Hasil perhitungan prosentase koordinasi mata-kaki awal dan akhir diperoleh selisih rata-rata (MD) 3,1 dengan standar deviasi perbedaan (SDD) 0,99 standar error perbedaan rata-rata (SEMD) 0,23 dalam perhitungan selanjutnnya diperoleh nilai t-hitung 13,49 dan nilai t-tabel yaitu 2.09 yang berarti t-hitung= 13,49 lebih besar dari t-tabel= 2,09. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesa nihil (Ho) ditolak dan hipotesa alternatif (H1) diterima. Maka dari hasil perhitungan koordinasi mata-kaki tersebut memberikan hasil bahwa latihan menggunakan media video dengan kursi dapat membuat perubahan koordinasi mata-kaki siswa SMP Hang Tuah 3 yang mengikuti ektrakurikuler futsal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Taufik Rihartno 2) Drs. Sudarso, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Olah Raga Dalam Ruangan
Depositing User: Sigit Nugroho .
Date Deposited: 05 Nov 2019 11:55
Last Modified: 05 Nov 2019 11:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1128

Actions (login required)

View Item View Item