KONDISI SOSIAL EKONOMI PENYANDANG DISABILITAS ANGGOTA ORGANISASI PERSATUAN TUNANETRA INDONESIA (PERTUNI) DI KECAMATAN PASAR REBO, JAKARTA TIMUR

Titis Sari Metsun, . (2016) KONDISI SOSIAL EKONOMI PENYANDANG DISABILITAS ANGGOTA ORGANISASI PERSATUAN TUNANETRA INDONESIA (PERTUNI) DI KECAMATAN PASAR REBO, JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (107kB)
[img] Text
lembar orisinalitas.pdf

Download (119kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (242kB)
[img] Text
lembar publikasi.pdf

Download (313kB)
[img] Text
TITIS SARI METSUN - 2O12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peran PERTUNI DPC Jakarta Timur terhadap para anggota mengenai visi dan misi, (2) mengetahui kondisi sosial ekonomi penyandang disabilitas anggota organisasi PERTUNI DPC Jakarta Timur yang berperan sebagai kepala keluarga. Fokus Penelitian ini meliputi; kondisi Sosial Ekonomi Penyandang Disabilitas Anggota Organisasi Persatuan Tunanetra Indonesia (PERTUNI) di Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka.Metode yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan dari Maret sampai Mei 2016.Hasil Penelitian ini menunjukan : (1) peranan PERTUNI terhadap para anggotanya yaitu adalah memberikan advokasi terutama mengenai pembelaan hak dan pencegahan pemberlakuan perundang –undangan yang tidak berpihak pada orang tunanetra (2) kondisi sosial ekonomi diukur menggunakan lima indikator, yaitu tingkat pendidikan, kesehatan, pekerjaan, pendapatan dan kepemilikan kekayaan (fasilitas). Untuk tingkat pendidikan tergolong bervariatif, dalam kesehatan tergolong acuh atau tidak peduli, pekerjaan homogen pada satu jenis pekerjaan, pendapatannya termasuk dalam kategori rendah, dan kepemilikan kekayaan (fasilitas) hanya pada barang yang memiliki nilai guna tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eko Siswono, M.Si ; 2). Dian Alfia Purwandari, S.E, M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 14 Oct 2020 15:37
Last Modified: 14 Oct 2020 15:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11292

Actions (login required)

View Item View Item