TRI INDRIYANTI, . (2016) ETIKA INTERAKSI GURU DAN MURID MENURUT PRESPEKTIF IMAM AL GHAZALI(Analisis Kontekstual). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
TRI INDRIYANTI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.jpg.pdf Download (759kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis etika interaksi guru dan murid menurut prespektif Imam Al Ghazali dalam kitab Ihya’ Ulumuddin untuk mengembangkan konsep etika interaksi di bidang pendidikan dan sebagai upaya membentuk generasi penerus bangsa yang mempunyai etika sesuai dengan tujuan pendidikan.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan atau library research. Adapun Teknik pengumpulan data adalah mencari data mengenai hal-hal atau variable berupa catatan, jurnal, buku, dan lain sebagainya. Data dikumpulkan dalam wujud catatan/data tertulis.Sedangkan analisa data yang dipakai adalah analisis isi (content analysis).Dalam penelitian ini memberikan kesimpulan dari hasil penelitian , setelah ditelusuri dari kitab Ihya Ulumuddin didapatkan bahwa etika interaksi guru dengan murid menurut Imam Al Ghazali: seorang guru harus memiliki kasih sayang kepada murid, meniru dan meneladani sifat Rasulullah SAW dalam melaksanakan tugas mengajarnya, dan berniat untuk mencari ridha Allah Swt. Sedangkan etika interaksi murid dengan guru menurut Imam Al Ghazali: seorang murid harus mensucikan jiwanya dari akhlaq dan sifat tercela sebelum menuntut ilmu, agar ilmu yang akan ia pelajari dapat bermanfaat dan tertanam dalam jiwanya; serta dalam menuntut ilmu hanya mengharap ridha Allah SWT
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Khairil Ikhsan Siregar, Lc.M.A ; 2). Drs Zulkifli Lubis, M.A. |
Subjects: | Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 14 Oct 2020 15:58 |
Last Modified: | 14 Oct 2020 15:58 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11317 |
Actions (login required)
View Item |