PERBEDAAN HASIL BELAJAR PPKn ANTARA SISWA YANG BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)DAN GROUP INVESTIGATION (GI)(Studi eksperimen di SMPN 71Rawasari Timur Cempaka putih Jakarta Pusat)

TRIANA KOMALA SARI, . (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PPKn ANTARA SISWA YANG BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)DAN GROUP INVESTIGATION (GI)(Studi eksperimen di SMPN 71Rawasari Timur Cempaka putih Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI TRIANA KOMALA SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendapatkan data empiris tentang perbedaan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan model Teams Games Tournament dan Group Investigation dalam meningkatkan hasil belajar PPKn.Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2016 sampai April 2016Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif.Dalam penelitian ini,menggunakan dua kelas adalah kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol.Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest posttest control design. Instrumen penelitian yang digunakan untuk megukur hasil belajar PPKn sebanyak 30 Butir soal dengan empat alternative jawaban. Skor untuk soal adalah satu untuk jawaban yang benardan nol untuk jawaban yang salahHasil pengujian normalitas dan homogenitas menunjukan bahwa kedua data berdistribusi normal dan homogen.Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar PPKn siswa yang menggunakan model Teams Games Tournament dan Group Investigation.Hal ini terlihat dari hasil pengujian Hipotesis dengan menggunakan Uji-t thitung > ttabel (3.90 > 1.99734) maka dapat disimpulkan Ho ditolak. Jadi hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) berbeda dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe GI dan model pembelajaran Teams Games Tournament (Kelas Eksperimen) lebih tinggi dari Model pembelajaran Group Investigation (Kelas Kontrol ).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. H. Sarkadi, M.Si ; 2). Drs.H. Suhadi, M.Si,
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 20 Oct 2020 10:40
Last Modified: 20 Oct 2020 10:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11318

Actions (login required)

View Item View Item