PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD DI KELURAHAN RAWAMANGUN, JAKARTA TIMUR

ERMA DAWATI, . (2016) PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD DI KELURAHAN RAWAMANGUN, JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunakan pendekatan keterampilan proses terhadap sikap ilmiah IPA siswa SDN di wilayah Rawamangun Jakarta Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Rawamangun 09 Pagi Rawamangun Jakarta Timur sebanyak 29 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain Posstest-Only-Control Design yang memiliki dua kelompok yaitu kelompok kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi yang dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 0, 05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan keterampilan proses berpengaruh positif terhadap sikap ilmiah siswa kelas IV SD. Hasil ini menunjukkan bahwa pendekatan keterampilan proses dapat dijadikan sebagai salah satu pendekatan dalam meningkatkan sikap ilmiah IPA siswa kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Budiman Rajagukguk M.Pd., ; 2). Drs. Dudung Amir Soleh M.Pd.,
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 05 Nov 2019 12:25
Last Modified: 05 Nov 2019 12:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1133

Actions (login required)

View Item View Item