KONSERVASI LINGKUNGAN DAN BUDAYA PADA KAWASAN DAERAH ALIRAN SUNGAI CILIWUNG(StudiKasus Komunitas Ciliwung Condet,Jakarta Timur)

Ulfah Suciyanthi, . (2016) KONSERVASI LINGKUNGAN DAN BUDAYA PADA KAWASAN DAERAH ALIRAN SUNGAI CILIWUNG(StudiKasus Komunitas Ciliwung Condet,Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. PEMBUKA.pdf

Download (303kB)
[img] Text
2. BAB 1-4 DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (91kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN ULFA.pdf

Download (446kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahuifaktor-faktor yang mendasari Komunitas Ciliwung Condet melakukan upaya konservasi di kawasan DAS Ciliwung Condet, (2) mengetahui manfaat dari adanya partisipasi Komunitas Ciliwung Condet dalam menjaga kelestarian lingkungan alam dan sosial budaya di kawasan Daerah Aliran Sungai Ciliwung, (3) mengetahui bentuk konservasilingkungan dan budaya yang dilakukan oleh Komunitas Ciliwung Condet pada kawasan DAS Ciliwung. Fokus penelitian ini meliputi: upaya konservasi yang dilakukan oleh Komunitas Ciliwung Condet di kawasan daerah aliran Sungai Ciliwung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Metode yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan dari Februari sampai April 2016.Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) upaya konservasi lingkungan dan budaya yang dilakukan oleh Komunitas Ciliwung Condet didorong oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal dapat berupa faktor yang berasal dari dalam diri anggota komunitas itu sendiri, sedangkan faktor eksternal dapat berupa faktor yang berasal dari luar diri anggota komunitas tersebut seperti faktor lingkungan fisik dan masyarakat, (2) upaya konservasi di kawasan DAS Ciliwung Condet ini memiliki beberapa manfaat terhadap lingkungan masyarakat itu sendiri maupun terhadap kehidupan sosial masyarakat yang tinggal disekitarnya, (3) upaya konservasi yang dilakukan oleh Komunitas Ciliwung Condet terdiri dari konservasi lingkungan dan budaya. Konservasi lingkungan antara lain dilakukan dengan cara merehabilitasi daerah tangkapan secara vegetatif terhadap lahan yang kritis, mengelola sumberdaya alam hayati khususnya tanaman khas condet seperi salak Condet, serta tanaman lainnya seperti dukuh, melinjo, pohon rambutan secara partisipatif dan mandiri.Konservasi budaya antara lain dilakukan dengan cara mengembangkan daerah aliran Sungai Ciliwung sebagai tempat atau wahana untuk memperkenalkan kesenian Tari Tradisional Betawi kepada masyarakat setempat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eko Siswono, M.Si ; 2). Martini, S.H., M.H
Subjects: Geografi, Antropologi > Budaya, Adat Istiadat
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 23 Oct 2020 19:12
Last Modified: 23 Oct 2020 19:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11475

Actions (login required)

View Item View Item