KEMAMPUAN GURU PAI DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN PENILAIAN AUTENTIK( Studi KasusGuru PAIdi SMA Negeri 53 Jakarta)

ULPAH SYA’IDAH, . (2016) KEMAMPUAN GURU PAI DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN PENILAIAN AUTENTIK( Studi KasusGuru PAIdi SMA Negeri 53 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (748kB)
[img] Text
ULPAH SYA’IDAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Dalam melakukan penilaian yang sesuai dengan kurikulum 2013, seorang guru diharuskan untukmenerapkan penilaian autentik yang sesuai dengan Standar Penilaian. Guru pun dituntut untuk memiliki kemampuan dalam membuat kesesuaian antara teknik penilaian dan instrumen penilaian yang merupakan syarat instrumen yang telah diatur dalam Permendikbud No 66 Tahun 2013. Namun, pada kenyataannya guru-guru sulit membuat instrumen penilaian yang disesuaikan dengan bentuk penilaian.Penelitian ini bertujuan untuk memahamilebih dalam tentang kemampuan guru PAI dalam melakukan evaluasi pembelajaran melalui penilaian non tes (penilaian autentik).Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian yang bersifat kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknikpengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa guru PAI di SMA Negeri 53 Jakarta sudah paham dalam melakukan perencanaan penilaian autentik melalui rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Adapun dalam melaksanakan penilaian autentik sebenarnya guru PAI di SMA Negeri 53 Jakarta telah mampu, hanya karena kurangnya motivasi diri atau etos kerja dalam diri guru untuk melakukan kompetensi pedagogik, serta sikap profesional khusunya dalam melakukan penilaian atau evaluasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Amaliyah, M.Pd. ; 2). Yusuf Ismail, M.A.,
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 23 Oct 2020 19:20
Last Modified: 23 Oct 2020 19:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11476

Actions (login required)

View Item View Item