STRATEGI ADAPTASI PEMULUNG DI JAKARTA(Studi Pada Tiga Keluarga Pemulung di daerah Duren Kalibata,Kelurahan Rawajati,Kecamatan Pancoran)

Wahyu Alaska, . (2016) STRATEGI ADAPTASI PEMULUNG DI JAKARTA(Studi Pada Tiga Keluarga Pemulung di daerah Duren Kalibata,Kelurahan Rawajati,Kecamatan Pancoran). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (104kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (292kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk strategi adaptasi sosial tiga keluarga pemulung di penampungan sampah Duren Kalibata. Penelitian ini akan menggambarkan aktivitas bekerja keluarga pemulung dari pagi hingga sore hari. Selain itu penelitian ini juga menggambarkan etos kerja serta strategi para pemulung untuk bertahan hidup. Tidak hanya itu, selain sudut pandang sosiologi, penelitian ini juga mengambil sudut pandang dunia pendidikan dalam bentuk refleksi kependidikan yaitu pembelajaran melalui strategi adaptasi dan mekanisme bertahan hidup keluarga pemulung. Konsep yang peneliti gunakan dalam penelitian ini antara lain, migrasi, pemulung, kemiskinan dan strategi adaptasi sosial.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Metode yang peneliti gunakan dalam proses pengumpulan data baik primer maupun data sekunder adalah dengan observasi, wawancara dan studi pustaka. Data tersebut peneliti dapatkan dari empat informan, yaitu satu pihak kelurahan, serta tiga keluarga pemulung di penampungan Duren Kalibata.Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk strategi adaptasi pemulung di penampungan Duren Kalibata adalah adanya dua bentuk adaptasi yaitu adaptasi fisik, dan adaptasi sosial. Tidak hanya itu, selain dua bentuk adaptasi tersebut pemulung di penampungan Duren Kalibata juga menggunakan jaringan sebagai strategi yang meliputi di dalamnya suatu kepercayan serta hubungan timbal balik yang diciptakan dalam kelompok mereka

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yuanita Apriliandini, M. Si ; 2). Syaifudin, M. Kesos
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 23 Oct 2020 19:58
Last Modified: 23 Oct 2020 19:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11480

Actions (login required)

View Item View Item