PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI EKOSISTEM

CAHYO NUGROHO, . (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI EKOSISTEM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (924kB)
[img] Text
Surat Pernyataan Publikasi.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (312kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (541kB)

Abstract

Salah satu tujuan utama pendidikan adalah membantu siswa memahami konsep dari suatu materi pembelajaran. Tujuan pendidikan ini dapat dicapai melalui proses pembelajaran. Selama penerapan kurikulum 2013, proses pembelajaran masih didominasi oleh guru. Hal ini menyebabkan siswa kurang aktif dalam menemukan konsep pembelajaran secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model PBL (Problem Based Learning) berbantuan multimedia terhadap pemahaman konsep siswa pada materi ekosistem. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap di SMAN 16 Jakarta. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian kuasi eksperimen dan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa dengan masing-masing kelas berjumlah 32 siswa. Analisis uji prasyarat menggunakan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas Levene. Analisis uji hipotesis menggunakan uji t dengan α = 0,05. Hasil uji t menunjukkan signifikansi sebesar 0,021. Hal ini berarti terdapat pengaruh penggunaan model PBL berbantuan multimedia terhadap pemahaman konsep siswa pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Mieke Miarsyah, M.Si. ; 2). Ade Suryanda, S.Pd., M.Si.
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 5347 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2020 18:03
Last Modified: 27 Oct 2020 20:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11507

Actions (login required)

View Item View Item