Pengembangan Kerangka Penilaian Berbasis European Profiling Grid (EPG) pada Kompetensi Penilaian untuk Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa Inggris

DIAN FITRIANI, . (2018) Pengembangan Kerangka Penilaian Berbasis European Profiling Grid (EPG) pada Kompetensi Penilaian untuk Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa Inggris. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Dian Fitriani_2236159095.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kerangka penilaian berbasis European Profiling Grid (EPG) pada kompetensi penilaian untuk program studi S-1 Pendidikan Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan desain dan pengembangan penelitian dalam metode dan desain penelitiannya. Hasil penelitian menggambarkan bahwa silabus milik 5 universitas di Indonesia menyertakan kompetensi penilaian pada semester kelima. Hasil penelitian lainnya menunjukkan bahwa silabus yang digunakan pada program studi Pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia telah mencakup fase perkembangan EPG untuk guru berpengalaman. Kemudian, temuan ini digunakan sebagai dasar dalam membuat kerangka penilaian, Sebuah kerangka penilaian dikembangkan dengan menggunakan metode dari Prince George Community College yaitu 1) mendeskripsikan tujuan, 2) menentukan alokasi waktu, 3) berdasarkan temuan, menyusun tujuan yang mencakup kemampuan untuk tingkat guru pemula (fase perkembangan EPG 1.1) hingga tingkat guru berpengalaman (fase perkembangan EPG 2.2), 4) memilih materi uji yang sesuai, 5) menentukan tingkat kognitif untuk kemampuan yang diuji, 6) menentukan jumlah dan tipe penilaian.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Dr. Ifan Iskandar, M.Hum 2) Dr. Ratna Dewanti, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 05 Nov 2019 14:38
Last Modified: 05 Nov 2019 14:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1153

Actions (login required)

View Item View Item