PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DEMOKRASI SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

PITA INDAH PERMANA, . (2020) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DEMOKRASI SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (653kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media berupa buku cerita bergambar berbasis penguatan pendidikan karakter demokrasi pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analisys , Design, Development, Implementation, and Evaluation). Responden dalam penelitian ini terdiri dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Dikarenakan adanya pandemi covid-1, uji coba pengguna hanya dapat dilaksanakan pada uji coba one to one yang terdiri dari tiga peserta didik kelas II sekolah dasar yang berdomisili dekat dengan peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan kuisioner. Hasil uji coba media buku cerita bergambar kepada para ahli memperoleh nilai 98,3% dari ahli media, 92,5% dari ahli materi, dan 97,5% dari ahli bahasa. Hasil dari penilaian ketiga ahli tersebut memperoleh nilai dengan rata-rata 96,1%. Sedangkan dalam uji coba pengguna one to one memperoleh nilai 98,1%. Hal ini menunjukkan bahwa media buku cerita bergambar memproleh nilai Sangat Baik (SB) dengan rentang skor 75%-100% sehingga layak digunakan sebagai media dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Tema 1 “Hidup Rukun” Subtema 3 “Hidup Rukun di Sekolah” kelas II Sekolah Dasar. This study aims to make a product in the form of a pictorial storybook based on strengthening democratic character in Pancasila and Civic education learning. The method used in this study is Research and Development (RnD) with the ADDIE development model. The respondents in this study consist of media expert, material expert, and one linguist. Due to the Covid-19, the user trials were only carried out in one to one trial consisting of three students of grade two elementary school who live near to the researcher's domicile. Data collection techniques used in this study are interview, observation, and questionnaire. The results of the pictorial storybook media trial to the experts scored 98,3 percent from the media expert.92,5 percent from the material expert and 97,5 percent from the linguist. The results of the assessment of the three experts obtained an average score of 96,1 percent. While in the one to one trial users scored 98,1 percent. This shows that the pictorial storybook media get a great score with a score range of 75 percent - 100 percent so that it is feasible to be used as a media in teaching Pancasila and Civic education theme 1 "Living in Harmony" sub-theme 3 "Living in Harmony at School" in grade two of elementary school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Otib Satibi Hidayat, M.Pd.; 2). Dr. Herlina, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 6995 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2020 19:50
Last Modified: 27 Oct 2020 19:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11541

Actions (login required)

View Item View Item