ANALISIS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP ILMIAH IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

SRI USWATUN HASANAH HASNA, . (2020) ANALISIS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP ILMIAH IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (369kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis implementasi model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, dan Satisfaction) dalam mengembangkan sikap ilmiah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis) dengan pendekatan kualitatif. Sebagai upaya menjaga ketelitian pengkajian dalam analisis data maka peneliti sangat memperhatikan setiap pustaka dan saran dari pembimbing. Berdasarkan analisis dari temuan penelitian sebelumnya maka dapat dinyatakan bahwa implementasi model pembelajaran ARIAS dapat mengembangkan sikap ilmiah IPA peserta didik kelas IV Sekolah Dasar karena penerapan model pembelajaran ARIAS dapat menjadikan proses muatan pelajaran IPA lebih menyenangkan dan menarik sehingga dapat melatih sikap ingin tahu, jujur, kerjasama, kreatif, terbuka, berani, serta kritis dalam diri peserta didik menjadi lebih baik. Kata Kunci: Model Pembelajaran ARIAS, Sikap ilmiah ******* ABSTRACT Abstrak : This research aims to study and analysis implementation of ARIAS learning models to developing scientifics attitudes for Elementary School grade 4th. This research used is literature research as a method. The analysis technique used is content analysis with a qualitative approach. To maintain accuracy from this research, the researcher noticed every references and suggestion from experts. Based on analysis from previous research, it can be stated that implementation of ARIAS learning model can develop scientific attitudes for Elementary School students grade 4th because the application of ARIAS learning model can be used for natural science with fun and interesting learning process with the result thai it can train curiosity, truthful, teamwork, creative, open minded, brave, and critical in self to be better than before. Keyword: ARIAS Learning model, Scientific Attitudes

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Tunjungsari Sekaringtyas, M.Pd. ; 2). Drs. Andi Ali Saladin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 7127 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2020 11:28
Last Modified: 03 Nov 2020 11:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11546

Actions (login required)

View Item View Item