Pengaruh Program Qaryah Arabiyyah terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Keterampilan Berbahasa Arab Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UNJ

Dinda Rahmawati Subandiyo, . (2018) Pengaruh Program Qaryah Arabiyyah terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Keterampilan Berbahasa Arab Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UNJ. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI DINDA FULL 2715143532.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian dengan data kuantitatif dan data kualitatif ini adalah untuk menunjukkan adanya pengaruh Program Qaryah Arabiyyah terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Keterampilan Berbahasa Arab Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta pada semester I Tahun Ajaran 2017 – 2018 , yang di mulai dari bulan November 2017 hingga Januari 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Campuran (Mixed Methods) Model yang digunakan adalah Sequential Explanatory yaitu dengan mengumpulkan dan menganalisis data kuantitatif terlebih dahulu setelah itu mengumpulkan dan menganalisis data penguat dengan data kualitatif. Dengan sumber data penelitian adalah 222 Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta yang telah mengikuti program Qaryah Arabiyyah. Instrument yang digunakan dalam penelitian kuantitatif adalah nilai mata kuliah keterampilan berbahasa meliputi Istima, Kalam, dan Qiraah pada semester satu dan semester dua mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta‌ dan peneliti tidak menggunakan hasil belajar keterampilan membaca karena pada semester satu dan dua tidak terdapat mata kuliah tersebut. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif dan Paired Samples T-Test. Serta kuisioner yang dianalisis dengan Skala Likert dan penguatan hasil analisis dengan wawancara. Hasil dari statistik deskriptif : terdapat peningkatan hasil belajar pada angkatan 2014 ada 26 mahasiswa dan pada angkatan 2015 ada 42 mahasiswa dan pada angkatan 2016 ada 47 mahasiswa. Kemudian terdapat penurunan hasil‌ belajar pada angkatan 2014 ada 16 mahasiswa, pada angkatan 2015 ada 13 mahasiswa, dan pada angkatan 2016 ada 30 mahasiswa. Serta terdapat pula mahasiswa yang memiliki hasil belajar yang tetap antara semester satu dan semester dua, pada angkatan 2014 terdapat 26 mahasiswa, ada angkatan 2015 terdapat 12 mahasiswa, dan pada angkatan 2016 terdapat 9 mahasiswa. Hasil dari data pada angkatan 2014 bahwa 0,000 < 0,005 (menunjukkan Sig.2-tailed), dan Hasil dari data pada angkatan 2015 bahwa 0,002 < 0,005 (menunjukkan Sig.2-tailed), Hasil dari data pada angkatan 2016 bahwa 0,018 < 0,005 (menunjukkan Sig.2-tailed), dan hasil tersebut menunjukkan hasil belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Syamsi Setiadi 2) M Kamal bin Abdul Hakim MA
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 05 Nov 2019 14:46
Last Modified: 05 Nov 2019 14:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1155

Actions (login required)

View Item View Item