Penelitian Tndakan Kelas. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Ekonomi Melalui Pendekatan Cooperative Learning Tipe Tgt (Team Games Tournament) Pada Siswa Kelas Xi Di SMAN 42 Jakarta Timur

Mariana, . (2012) Penelitian Tndakan Kelas. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Ekonomi Melalui Pendekatan Cooperative Learning Tipe Tgt (Team Games Tournament) Pada Siswa Kelas Xi Di SMAN 42 Jakarta Timur. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
MARIANA.pdf

Download (622kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang belum optimal dan meningkatkan motivasi belajar yang rendah yang terlihat dari hasil belajar berupa midle test hanya satu orang yang mencapai angka ketuntasan belajar. Dalam upaya memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar ekonomi peneliti menerapkan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe (TGT) Team Games Tournament. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini dilakukan selama dua siklus. Sesuai dengan prosedur dasar pengembangan tindakan penelitian, setiap kegiatan belajar mengajar melewati empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, tindakan ini dilakukan di kelas XI IPS-4 SMAN 42 Jakarta Timur pada pelajaran ekonomi. Pelaksanaan tindakan siklus I, dan II dibantu oleh kolaborator sebagai observer. Rata-rata motivasi belajar siswa setelah dilakukan siklus I motivasi belajar siswa belum mencapai angka indikator Keberhasilan maka dilakukannya siklus II dengan hasil rata-rata motivasi belajar siswa yaitu (50%) sudah meningkat dan sudah mencapai angka indikator keberhasilan dari masing-masing indicator motivasi belajar siswa, rata-rata hasil kognitif siswa yang berupa evaluasi pada siklus I adalah (68.11%) dan siklus II (78.37%)dan sudah mencapai angka ketuntasan minimum (KKM), nilai aktivitas pembelajaran guru dan siswa pada siklus I (92.30%) dan pada siklus II adalah (97.43%). Dan hasil respon siswa terhadap pembelajaran TGT adalah berbagai macam namun mempunyai hasil rata-rata (50%) tanggapan siswa dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajran melalui (TGT) Team Games Tournament dapat meningkatkan motivasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS-4 di SMAN 42 Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dr. Siti Nurjanah, SE, M.Si 2.) Dr. Saparuddin, SE, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 05 Nov 2019 14:45
Last Modified: 05 Nov 2019 14:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1156

Actions (login required)

View Item View Item