MARRISA SYARIF TANJUNG, . (2012) PENGARUH BUDAYA SEKOLAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA DI SMA NEGERI 106 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara budaya sekolah dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar ekonomi di sekolah menengah atas negeri 106 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan terhitung sejak bulan April sampai dengan bulan Mei 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei pendekatan korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah 151 siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 106 Jakarta Timur. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sensus. Penelitian ini dengan metode korelasional, Populasi adalah seluruh sisa di SMA Negeri 106 Jakarta, dengan populasi terjangkau siswa kelas XI IPS dengan jumlah 151 siswa. Instrumen yang digunakan dalam bentuk kusioner, dalam bentuk 40 pernyataan untuk variabel bebas Budaya Sekolah dan 26 pernyataan untuk variable bebas Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar Ekonomi didapatkan langsung dari sekolah. Dalam variabel Budaya Sekolah dari 40 pernyataan yang diajukan terdapat 10 pernyataan yang dinyatakan tidak valid atau drop (r hitung> r tabel). Hasil dari perhitungan variabel budaya sekolah memiliki reliabilitas sebesar 0,865. Hasil ini selanjutnya dinyatakan reliabel digunakan untuk mendapatkan data. Variabel Motivasi Berprestasi ternyata memiliki 8 pernyataan yang tidak valid atau drop (r hitung > r tabel). Hasil dari perhitungan variable Motivasi Berprestasi memiliki reliabilitas sebesar 0,858. Dari syarat uji penelitian, data yang di dapatkan dinyatakan linier dan berdistribusi normal, memiliki persamaan regresi ganda Ŷ = 39,713 + 0,256(X1) + 0,184(X2) dengan melihat tes secara simultan dilihat dari tabel ANOVA yang menunjukkan Fhitung 30,420 dengan Ftabel 3.06. dari yang ditunjukkan menyatakan adanya pengaruh signifikan dari secara bersama-sama dari kedua variabel independen yang dibuat. Lalu uji secara parsial X1 (Budaya Sekolah) dapat dilihat dari thitung 6,110 dengan ttabel 1.97601, menunjukkan bahwa variabel X1 berpengaruh pada variabel Y (Hasil Belajar Ekonomi). Untuk X2 (Motivasi Berprestasi) dapat dilihat dari thitung 2,358 dengan ttabel 1.97601, menunjukkan bahwa variabel X2 berpengaruh pada variabel Y (Hasil Belajar Ekonomi). Hubungan korelasi dapat dilihat dari tabel sumarry. Didapatkan R = 0,540 yang artinya keeratan hubungan yang terdapat dalam kategori 0.40 sampai 0.59, menunjukkan hubungan cukup antara variabel X1, X2 danY. Hasil dari koefisien determinasi R 2 = 0,291 ini menandakan bahwa sebanyak 29,1 %, Hasil Belajar Ekonomi dapat dijelaskan oleh variabel X1 dan X2, sedangkan 70,1 % lagi dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Model regresi berganda bebas dari asumsi klasik, yaitu pada uji multikolinearitas dan uji heteroskedasitas. Dengan melihat hasil toleransi sebesar 0,874 (toleransi > 0.1) dan VIF sebesar 1,145 (VIF <10). Dari hasil ini dapat dikatakan bahwa variabel regresi bebas dari masalah multikolinearitas. Selanjutnya untuk menentukan bahwa model regresi bebas dari masalah heteroskedasitas, dapat melihat dari sebaran titik variabel yang menyebar diatas dan dibawah angka 0 pada sumbu Y, maka ini menunjukkan bahwa tidak terjadi masalah heteroskedasitas dalam model regresi. Dari hasil penelitian dapat digambarkan pengaruh Budaya Sekolah dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Ekonomi menunjukkan hubungan yang positif yaitu semakin tinggi Budaya Sekolah dan Motivasi Berprestasi akan berpengaruh pada peningkatan Hasil Belajar Ekonomi siswa. Kata Kunci: Budaya Sekolah, Motivasi Berprestasi, dan Hasil Belajar Ekonomi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1.) Dra. Endang Sri Rahayu, M.Pd, 2.) Dra. Tuty Sariwulan, M.Si |
Subjects: | Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | putra putra putra |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 14:51 |
Last Modified: | 06 Nov 2019 12:31 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1160 |
Actions (login required)
View Item |