PENGARUH JENIS PENILAIAN DAN EFIKASI DIRI PADA PROSES BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

IJUDIN, . (2020) PENGARUH JENIS PENILAIAN DAN EFIKASI DIRI PADA PROSES BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cover-dikonversi (1).pdf

Download (821kB)
[img] Text
BAB I-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text
lampiran (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (35MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar bahasa Indonesia yang menggunakan penilaian teman sejawat dan penilaian guru dengan menggunakan teknik presentasi lisan pada siswa SMA pada tingkat efikasi diri siswa yang berbeda. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Ciampea dan SMAN 1 Parung pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Sampel yang diambil sebanyak 40 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode eksperimen. Sampel didapat dengan menggunakan metode acak bertingkat atau multistage sample random. Desain perlakuan yang digunakan adalah analisis design treatment by level 2 x 2. Hasil penelitian didapat bahwa 1). Hasil pengujian membuktikan bahwa hasil belajar bahasa Indonesia pada kelompok siswa yang diberi penilaian oleh teman sejawat memiliki hasil yang berbeda secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar kelompok siswa yang diberi penilaian oleh guru. 2) Hal ini berarti terdapat interaksi yang signifikan antara jenis penilaian (A) dengan efikasi diri siswa (B) terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Dalam kata lain jenis penilaian memiliki hubungan terhadap efikasi diri siswa pada hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia. 3) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan penilaian oleh teman sejawat lebih tinggi dari pada yang menggunakan penilaian oleh guru pada siswa yang memiliki efikasi diri tinggi. 4) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan penilaian oleh teman sejawat lebih rendah dari pada yang menggunakan penilaian oleh guru pada siswa yang memiliki efikasi diri rendah. Kata kunci: Penilaian teman sejawat, penilaian guru, efikasi diri *********** This study aimed to learn the results ofIndonesian subject which used peer assessment and teacher assessment by the techniques of oral presentations at high school students on the level of different self-efficacy students. The study was conducted at SMAN 1 Ciampea and SMAN 1 Parung in the second semester of the 2015/2016 academic year. The sample was taken were 40 respondents. The data was collected by using an experimental method. Samples were obtained by using stratified random method or multistage random method. The design of treatment which was used was the analysis design treatment by level 2 x 2. The results were found that 1). The test results proved that learning outcomes of Indonesian subject in a group of students who were given ratings by peers had significantly different results compared tolearning outcomes of Indonesian subject assessment who were given by the teacher. 2) it means that there was a significant interaction among the type of ratings (A) with student self-efficacy (B) on learning outcomes of Indonesian subject. In aother word, the type of assessment had asociation with self-efficacy of learning outcomes of Indonesian subject. 3) The results of student at Indonesian subject which used ratings by peers is higher than used an assessment by teachers on the students who had high self-efficacy. 4) The results of student at Indonesian subject which used ratings by peers is lower than used an assessment by the teacher on the students who had low self-efficacy.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. DR. Gaguk Margono, M.Ed. ; 2). DR. Wardani Rahayu, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 5144 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2020 11:09
Last Modified: 09 Nov 2020 11:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11600

Actions (login required)

View Item View Item