KEGIATAN LITERASI SAINS ANAK USIA DINI MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF DI PP IPTEK TMII DAN TAMAN BERMAIN DI JAKARTA (Pendekatan Kualitatif dengan Teknik Analisis Isi)

JENI ROES WIDAYATI, . (2020) KEGIATAN LITERASI SAINS ANAK USIA DINI MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF DI PP IPTEK TMII DAN TAMAN BERMAIN DI JAKARTA (Pendekatan Kualitatif dengan Teknik Analisis Isi). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI (Jeni Roes Widayati).pdf

Download (263kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan konsep pengetahuan sains, proses sains, dan bentuk aplikatif sains anak usia dini yang diperoleh setelah menggunakan alat permainan edukatif di PP IPTEK TMII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis konten dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2019 sampai Mei 2020 dengan lokasi penelitian di PP IPTEK TMII Jakarta Timur, taman bermain lingkungan pemukiman di Kelurahan Jelambar baru, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat dan taman bermain di Kelurahan Cengkareng Timur, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik pengamatan (observasi), wawancara (terbuka), angket dan dokumentasi dengan kegiatan pengembangan literasi sains di tempat penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pengetahuan sains, proses sains, dan bentuk aplikatif sains anak usia dini yang diperoleh setelah menggunakan alat permainan edukatif di PP IPTEK TMII Jakarta dapat mengembangkan literasi sains anak usia dini. Literasi sains anak usia dini dalam bentuk pengetahuan sains, proses sains, dan aplikasi sains dalam kategori baik, bermanfaat, dan menguntungkan baik bagi anak, perlu dilanjutkan dan ditingkatkan dengan beberapa perbaikan. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa bahwa pengembangan literasi sains anak usia dini dapat dilakukan dengan memilih dan menggunakan alat permainan edukatif dalam bentuk pengetahuan sains, proses sains, dan bentuk aplikatif sains. Kata Kunci: literasi sains, alat permainan edukatif, pendidikan anak usia dini. ************* The purpose of this research is to describe the conceptof science knowledge, science processes, and applicative forms of early childhood science obtained after using educational play tools in PP TMII Science and Technology. The method used in this research is content analysis method with a qualitative approach. The study was conducted in December 2019 to May 2020 with the research location in PP IPTEK TMII East Jakarta, a residential playground in Jelambar Baru Village, Grogol Petamburan District, West Jakarta and a playground in Cengkareng Timur Village, Cengkareng District, West Jakarta. Data collection techniques in this study were carried out using observation techniques, interviews (open), questionnaires and documentation with the activities of developing scientific literacy at the research site. The results showed that the forms of science knowledge, science processes, and applicative forms of early childhood science obtained after using educational play tools at PP IPTEK TMII Jakarta can develop early childhood science literacy. Early childhood scientificliteracy in the form of science knowledge, science processes, and application of science in the good, beneficial, and beneficial categories of good for children, needs to be continued and improved with some improvements. This research concludes that the development of early childhood scientific literacy can be done by selecting and using educational play tools in the form of scientific knowledge, science processes, and applicable applications of science.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Rien Safrina, MA., Ph.d ; 2). Prof. Dr. Yetti Supriyati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 7530 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2020 12:30
Last Modified: 10 Dec 2020 12:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11603

Actions (login required)

View Item View Item