PERBANDINGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA ANTARA BLENDED LEARNING FLIPPED CLASSROOM (BLFC) DAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI ANIMALIA

SEKAR DARMASTUTI, . (2020) PERBANDINGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA ANTARA BLENDED LEARNING FLIPPED CLASSROOM (BLFC) DAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI ANIMALIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (358kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pada era globalisasi, suatu informasi dapat berkembang dengan sangat cepat. Dibutuhkan keterampilan berpikir yang mampu mendukung seseorang untuk menghadapi perubahan-perubahan tersebut. Salah satu keterampilan berpikir tersebut adalah keterampilan berpikir kritis, untuk itu keterampilan ini perlu dilatih dan ditingkatkan. Model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan tersebut adalah blended learning flipped classroom (BLFC) dan pembelajaran berbasis masalah. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk membandingkan keterampilan berpikir kritis siswa antara kelas yang menerapkan BLFC dengan kelas yang menerapkan pembelajaran berbasis masalah pada materi animalia. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain perlakuan post test only. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji-t independen. Kemudian, untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa digunakan 25 soal pilihan ganda disertai alasan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara kelas yang menerapkan BLFC dengan kelas pembelajaran berbasis masalah. Perbedaan ini terlihat pada rata-rata nilai keterampilan berpikir kritis siswa di kelas BLFC lebih tinggi. Hal ini terjadi karena pada kelas BLFC difasilitasi kelas online yang dapat dijadikan ruang diskusi dan berbagi materi pembelajaran. In the era of globalization, information can develop very quickly. Thinking skills are needed that can support a person to deal with these changes. One of these thinking skills is critical thinking skills, for this skill needs to be trained and improved. Learning models that can improve these skills are blended learninkajiang flipped classroom (BLFC) and problem-based learning. Therefore, this study was conducted to compare students' critical thinking skills between classes that apply BLFC with classes that apply problem-based learning to Animalia material. This study uses a quasi-experimental method with a post-test only treatment design. Testing the research hypothesis using an independent t-test. Then, to measure students' critical thinking skills used 25 multiple choice questions accompanied by reasons. Based on the results of the study it can be concluded that there are differences in critical thinking skills between classes implementing BLFC with problem-based learning classes. This difference is seen in the average value of the critical thinking skills of students in the BLFC class is higher. This happens because the BLFC class is facilitated by an online class that can be used as a space for discussion and sharing of learning material.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nurmasari Sartono., M.Biomed ; 2). Dr. Hanum Isfaeni., M.Si
Subjects: Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 5182 not found.
Date Deposited: 10 Nov 2020 17:48
Last Modified: 10 Nov 2020 17:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11620

Actions (login required)

View Item View Item