ERIKA ESTER, . (2020) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PROTISTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER..pdf Download (845kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (436kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (634kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (444kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran yang masih berpusat pada guru membuat siswa pasif dan kesulitan menghubungkan pembelajaran dengan apa yang terjadi di lingkungan, sehingga kurang optimalnya kemampuan berpikir kritis siswa. Kemampuan berpikir kritis siswa dapat ditingkatkan menggunakan strategi REACT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran REACT terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Protista. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 31 Jakarta pada bulan November 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan design pretest and posttest control group design. Sampel yang digunakan sebanyak 124 siswa dengan masing-masing kelas sebanyak 31 siswa menggunakan teknik simple random sampling. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan pada instrumen tes kemampuan berpikir kritis. Uji reliabilitas dilakukan dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data prasyarat menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov untuk normalitas dan uji F untuk homogenitas. Hasil yang diperoleh dari uji prasyarat adalah data berdistribusi normal dan homogen. Uji efektifitas strategi REACT dilakukan dengan perhitungan normalized gain. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi REACT berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Protista. Penerapan strategi REACT dapat dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Teacher-centered learning makes it passive and difficult for students to connect learning with what's happening in the environment, making it less optimised for students critical thinking skills. Students critical thinking skills can be improved using REACT strategies. The purpose of this study is to learn the influence of REACT's learning strategy on the students critical thinking ability in Protista material. Research was conducted at SMA Negeri 31 Jakarta in November 2019. The method of research used is quasi experiment with design pretests and posttest control group design. Samples used as much as 124 students with each class as many as 31 learners using simple random sampling technique. Instrument of critical thinking ability was test for validity and reliability. Reliability test by using Alpha Cronbach. Prerequisite data analysis used Kolmogorov Smirnov test for normality and F test for homogenity. The result from prerequisite test were normally distributed and came from both homogeneous populations. The result of research showed that the influence of REACT model on students’ critical thinking ability of Protists. The application of REACT strategies can be used as an alternative to improving students ' critical thinking skills.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Diana Vivanti Sigit, M. Si ; 2). Dr. Ratna Komala, M. Si |
Subjects: | Sains > Ilmu Bumi > Biologi |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 5351 not found. |
Date Deposited: | 10 Nov 2020 18:12 |
Last Modified: | 10 Nov 2020 18:12 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11629 |
Actions (login required)
View Item |