PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENJAGA KEBERSIHAN KETERTIBAN DAN KEINDAHAN (K3)(Studi di Taman Lontar RT 03 RW 05 dan Taman Mangga RT 01 RW 02 Kelurahan Tugu Utara Kecamatan Koja Jakarta Utara)

WIWIT WAHYUNI, . (2016) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENJAGA KEBERSIHAN KETERTIBAN DAN KEINDAHAN (K3)(Studi di Taman Lontar RT 03 RW 05 dan Taman Mangga RT 01 RW 02 Kelurahan Tugu Utara Kecamatan Koja Jakarta Utara). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI WIWIT WAHYUNI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui data empiris mengenai partisipasi masyarakat dalam menjaga Kebersihan, Ketertiban dan Keindahan (K3) di Taman Lontar dan Taman Mangga, Kelurahan Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan September 2015hingga April 2016. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 247ibu rumah tangga yang terbagi dalam menjadi 95 ibu rumah tangga di Taman Lontar dan 152 ibu rumah tangga di Taman Mangga. Jumlah sampel sebanyak 72 ibu rumah tangga yang didapat dengan menggunakan rumus Slovin. Agar pembagian jumlah sampel setiap RT proporsionaldigunakanrumus proporsional, sehingga didapatlah 28 sampel di Taman Lontar dan 44 sampel di Taman Mangga. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan bentuk tabel frekuensi dan persentase.Indikator partisipasi dalam penelitian ini mencakup empat indikator yang yaitu perencanaan, pelaksanaan, memanfaatkan taman dan evaluasi. Dari rerata keseluruhan indikator partisipasi, masyarakat di Taman Lontar tergolong sering berpartisipasidalam menjaga K3(41,14%). Tingginya tingkat partisipasi ini dipengaruhi oleh posisi taman yang memanjang disepanjang Jalan Lontar Dalam dan berada persis di depan rumah warga, sehingga kebersihan dan keindahan taman akan turut mempengaruhi kebersihan lingkungan tempat tinggal warga. Selain itu keberadaan Ketua RT yang peduli dengan kebersihan lingkungan sekitar menjadi contoh dan suri tauladan bagi warga di RT 03 untuk ikut peduli dengan kebersihan lingkungan dan taman di depan rumah mereka. Sedangkan masyarakat di Taman Mangga tergolong tidak pernahberpartisipasidalam menjaga K3 (48,12%).Rendahnya tingkat partisipasi warga di Taman Mangga dikarenakan keberadaan taman yang tidak berada persis menghadap rumah warga, melainkan berada di depan Komplek Imigrasi, sehingga kebersihan taman tidak berpengaruh pada kebersihan pekarangan rumah warga. Selain itu, adanya petugas yang merawat dan membersihkan taman menyebabkan masyarakat menyerahkan sepenuhnya hal-hal yang berkaitan dengan taman kepada petugas, mindset seperti inilah yang menyebabkan rendahnya partisipasi masyarakat di Taman Mangga. Ditambah lagi dengan kesibukan masing-masing individu yang berbeda-beda, sehingga tidak semua orang mempunyai waktu untuk turut berpartisipasi terhadap taman di lingkungan tempat tinggal mereka

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Suhardjo, M.Pd ; 2). Oot Hotimah, S.Pd., M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Demografi, Penduduk, Ilmu Kependudukan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 10 Nov 2020 18:47
Last Modified: 10 Nov 2020 18:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11640

Actions (login required)

View Item View Item