PENYALAHGUNAAN TATA GUNA LAHAN PADA MASYARAKAT PERMUKIMAN KUMUH(Studi kasus: Taman Pemakaman Umum Cipinang Besar, Kelurahan: Cipinang Besar Selatan, Jatinegara Jakarta Timur)

Zulia Trisna Sari, . (2016) PENYALAHGUNAAN TATA GUNA LAHAN PADA MASYARAKAT PERMUKIMAN KUMUH(Studi kasus: Taman Pemakaman Umum Cipinang Besar, Kelurahan: Cipinang Besar Selatan, Jatinegara Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4915122539-ZULIA TRISNA SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRACT ZULIA.pdf

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmengetahui terbentuknya permukimankumuh di TPU Cipinang besar, mengetahui masyarakat permukiman kumuh TPUCipinang Besar dalam mempertahankan huniannya di tengah penggusuran yangterjadi, serta mengetahui penyalahgunaan tata guna lahan pada masyarakatpermukiman kumuh di TPU Cipinang Besar.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.Pengumpulan datadilakukan dengan teknikobservasi, wawancara, dokumentasi dan studikepustakaan. Sumber data dari penelitian ini terdiri dariKepala SeksiPerancangan dan Pengendalian TPU Dinas Pertamanan dan Pemakaman ProvinsiDKI Jakarta, Pengurus Yayasan Budha Tjang Foe Koeng Hwe, Ketua RT: 15RW:02 danwarga Kampung Ujung yang tinggal di lahan TPUCipinang Besar.Hasil penelitian menunjukan bahwa kebijakan pengunaanlahan danpengelolaan TPU Cipinang Besar sudah diatur sebelumnya berdasarkan PeraturanDaerah No. 1 Tahun 1978 dan SK No.737 Tahun 1987. Sebagai TamanPemakaman Umum yang memiliki fungsi sebagai ruang terbuka hijau. KarenaTPU Cipinang Besar merupakan TPUeksisting yang sudah lama ada dan ahliwarisnya sudah banyak yang tidak merawat dan mengunjungi makam keluarganyakhususnya unit Budha, membuat masyarakat sekitar melakukan penyalahgunaantata guna lahan di TPU Cipinang Besar. Setiap proses penyalahgunaantata gunalahan senantiasa menimbulkan gejala konflik sosial secara vertikal antaramasyarakat dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan horizontal antaramasyarakat dengan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Budiaman, M.Si. ; 2). Martini, S.H., M.H.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 11 Nov 2020 16:35
Last Modified: 11 Nov 2020 16:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11657

Actions (login required)

View Item View Item