PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD

FIRSTI OKTAVIYANI, . (2016) PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Lembar Judul.pdf

Download (13kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (86kB)
[img] Text
3. Lembar Abstrak.pdf

Download (129kB)
[img] Text
4. Surat keaslian skripsi.pdf

Download (74kB)
[img] Text
5. Lembar Kata Pengantar.pdf

Download (183kB)
[img] Text
6. Lembar Daftar Isi.pdf

Download (41kB)
[img] Text
8. BAB I FIX.pdf

Download (112kB)
[img] Text
9. BAB II FIX.pdf

Download (337kB)
[img] Text
10. BAB III FIX.pdf

Download (159kB)
[img] Text
11. BAB IV FIX 1.pdf

Download (950kB)
[img] Text
12. BAB V FIX.pdf

Download (144kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (183kB)
[img] Text
15. Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (41kB)

Abstract

Penelitian pengembangan model ini bertujuan untuk menghasilkan modul IPA dengan basis kemandirian belajar siswa di kelas IV SD pada materi energi panas. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan Borg dan Gall. Ada 9 tahapan yang dilakukan dalam pengembangan ini yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan, uji pelaksanaan lapangan, dan penyempurnaan produk akhir. Responden dalam pengembangan ini diantaranya, satu dosen ahli materi, satu dosen ahli bahasa, satu dosen ahli media, guru kelas IV sebanyak dua orang, siswa kelas IV SDN Kebalen 03 Bekasi sebanyak 15 siswa, dan siwa kelas IV SD Islam Al Azhar 19 Sentra Primer Jakarta Timur sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik evaluasi formatif meliputi tahap uji ahli, uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil, dan uji pelaksanaan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul IPA berbasis kemandirian belajar siswa kelas IV SD pada materi energi panas dinilai sangat baik, hal itu terlihat dari nilai rata-rata menurut ahli sebesar 96%, angket sebesar 93,% dan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 89. Modul ini menarik bagi siswa dan dapat menjadi sumber belajar alternatif yang digunakan siswa saat belajar mandiri

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. A. R. Supriatna, M.Pd. ; 2). Dr. M.Syarif Sumantri, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 05 Nov 2019 15:06
Last Modified: 05 Nov 2019 15:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1166

Actions (login required)

View Item View Item