PENGARUH PENGGUNAAN STORYLINEDALAM PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA TERINTEGRASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP

Aldy Kelvianto, . (2016) PENGARUH PENGGUNAAN STORYLINEDALAM PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA TERINTEGRASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (149kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmengetahuipengaruh metodepembelajaran Storylinedalam pembelajaran berbasis konteksterhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga terintegrasi pendidikan lingkungan hidupPenelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen, dilakukan di SMA Negeri 102pada Februari2016.Sampel pada penelitian ini yaitu siswakelas XI MIA SMA Negeri 102Jakarta. Perlakuan yang diberikan yaitu metodepembelajaran Storylinepada kelas eksperimen dan metodepembelajaran Diskusipada kelas kontrol. Desain penelitian ini adalah posttest only control group design. Instrumen penelitian yang digunakanadalahtes hasil belajar.Data tes hasil belajardiuji normalitas dengan uji Kolmogorov Smirnovdan uji homogenitas dengan uji Levenepada α = 0,05 diperoleh hasil data berdistribusi normal dan homogen.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilaihasil belajarsiswapada kelas kontrol dan kelas eksperimen (thitung= 2,263; ttabel = 1,371sehinggathitung> ttabel). Adanya perbedaan ini menunjukkan bahwa metodepembelajaran Storylinedalam pembelajaran kimia materi larutan penyangga terintegrasi pendidikan lingkungan hidup berpengaruh positif pada hasil belajarsiswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Darsef Darwis, M.Si.; 2). Dr. Agung Purwanto, M.Si.
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Kimia
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 21 Nov 2020 14:39
Last Modified: 21 Nov 2020 14:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11729

Actions (login required)

View Item View Item