PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 216 JAKARTA

Arum Wulandari, . (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 216 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (305kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project(MMP)dengan pendekatan kontekstual lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII di SMPN 216 Jakarta semester genap tahun ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan adalah quasi experiment. Teknik pengambilan sampelmenggunakan teknik Two Stage Sampling, yaitu purposive samplingdancluster random sampling. Kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih berasal dari populasi yang berdistribusi normal, memiliki varians yang homogen, dan mempunyai kesamaan rata-rata. Instrumen tes yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis sebanyak empatsoaluraian.Instrumen tersebut telah melaluiuji validitas isi, validitas konstruk, dan validitas empirik. Perhitungan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan Cronbach’s Alphadan diperoleh reliabilitas sebesardengan kategori sedang.Berdasarkan hasil penelitian, kelas eksperimen (pembelajaran MMP dengan pendekatan kontekstual) dan kelas kontrol (pembelajaran konvensional) berdistribusi normal dan memiliki varians yang sama. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t dengan taraf signifikansi α = 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh thitung= 2,4273 dan ttabel = 1,667. Karena thitung> ttabelmaka H0ditolak. Dengandemikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan model pembelajaran MMP dengan pendekatan kontekstual lebih tinggi daripadasiswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan model pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Anton Noornia, M.Pd, ; 2). Vera Maya Santi, M.Si
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 21 Nov 2020 19:35
Last Modified: 01 Aug 2022 02:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11737

Actions (login required)

View Item View Item