PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REACT(RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERRING) MENGGUNAKAN METODE PENYELESAIAN MASALAH DAN DISKUSI DAN GAYA KOGNITIF SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA

Baety Mubarokah, . (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REACT(RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERRING) MENGGUNAKAN METODE PENYELESAIAN MASALAH DAN DISKUSI DAN GAYA KOGNITIF SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (45kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaranREACT dengan menggunakan metode penyelesaian masalah dan metode diskusi.(2) Perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki gaya kognitif field independent(FI)dan field dependent(FD).(3) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran REACT menggunakan metode penyelesaian masalah dan metode diskusi, pada siswa yang memiliki gaya kognitif field independent.(4) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran REACT menggunakan metode penyelesaian masalah dan metode diskusi, pada anakyang memiliki gaya kognitif field dependent.(5) Adakah pengaruh interaksi antara model pembelajaran REACTdan gaya kognitif terhadap hasil belajar siswa.Penelitian dilakukan di SMA Negeri 58 Jakarta pada semester 2 tahun ajaran 2015/2016 dengan sampel sebanyak 72 orang.Hasil statistika deskriptifmenunjukan bahwa rerata hasil belajar kelas REACTmetode PBL adalah77,03; rerata kelas REACTmetode diskusi adalah 68,86; rerata kelompok siswa FIadalah 76,07; sedangkan rerata kelompok FDadalah67,74. Hasil pengujian hipotesis: (1) Hasil belajar model pembelajaran REACTdengan menggunakan metode penyelesaian masalah lebih besar daripada menggunakan metode diskusi. (2) Hasil belajar kimia siswa yang memiliki gaya kognitif field independent lebih besar daripada field dependent. (3) Hasil belajar model pembelajaran REACTdengan metode penyelesaian masalah lebih besar daripada metode diskusi, pada siswa yang memiliki gaya kognitif field independent. (4) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar model pembelajaran REACTdengan metode penyelesaian masalah dan metode diskusipada siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent. (5) Terdapat interaksi antara model pembelajaran REACTdan gaya kognitif.Kesimpulan (1) Bagi siswa yang memiliki gaya kognitif field independentdapat menggunakan kedua metode. (2) Bagi siswa yang memiliki gaya kognitif field dependentdapat menggunakan metode diskusi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Suwirman Nuryadin, M.Pd. ; 2). Drs. Darsef Darwis, M.Si
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2020 20:15
Last Modified: 01 Aug 2022 02:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11739

Actions (login required)

View Item View Item