UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SOMATIC,AUDITORY,VISUAL,INTELLECTUAL(SAVI) PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS DI KELAS VIII-3 SMP PGRI BANTARGEBANG, BEKASI

CHRISTINA NOVIA, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SOMATIC,AUDITORY,VISUAL,INTELLECTUAL(SAVI) PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS DI KELAS VIII-3 SMP PGRI BANTARGEBANG, BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (9kB)

Abstract

Pemahaman konsep matematismerupakan salah satu tujuan pengajaranmatematika di sekolah.Namun, berdasarkan hasil wawancara dengan guru didapatkan hasil bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Selanjutnya, hasil tesawalpemahaman konsep matematis yang dilakukan sebelum penelitianpada siswa kelas VIII-3 SMP PGRI Bantargebang, Bekasijuga menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes pemahaman konsep matematis yang diperoleh siswa masih dalam kategori rendah.Salah satu alternatifuntuk mengatasi masalah pembelajaran yang terjadi adalah menerapkan pendekatan SAVI. Pendekatan SAVI merupakan pendekatan pembelajaran yang didasari AcceleratedLearning yang dikembangkan oleh Dave Meier. Pendekatan SAVI terdiri atas 4 komponen yaitusomatic,auditory,visualdan intellectual.Komponen somaticmelibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran melalui aktivitas fisik. Komponen auditorydan visualmelibatkan siswa dalam mengamati dan mengkomunikasikan sumber pembelajaran yang menunjang pemahaman konsep. Komponen intellectualmelibatkan siswa untuk menyimpulkan materi dalam sebuah rangkuman materi yang bermakna. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui peningkatanpemahaman konsep matematis pada materi prisma dan limasmelalui penerapan pendekatan Somatic,Auditory,Visual,Intellectual(SAVI).Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Penelitian ini berlangsung dari bulan April sampai Mei 2016 di kelas VIII-3 SMP PGRI Bantargebang,Bekasi di tahun ajaran 2015/2016, dengan jumlah siswa 36orang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan SAVI dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa.Hal ini dapat dilihat berdasarkan pada hasil tes akhir yang diberikan setiap siklus. Rata-rata nilai tes akhir kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII-3 pada siklus I adalah 54,47. Selanjutnya, pada siklus II meningkat menjadi73,44. Kemudian jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan(KKM) yaitu 76 juga mengalami peningkatan. Pada siklus I sebanyak 30,56%dari keseluruhansiswa, lalu pada siklus II naik menjadi 77,8%dari keseluruhan siswa di kelas VIII-3 SMP PGRI Bantargebang, Bekasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Utami, M.Pd ; 2). Aris Hadiyan Wijaksana, M.Pd
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 23 Nov 2020 15:00
Last Modified: 01 Aug 2022 02:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11742

Actions (login required)

View Item View Item