PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS LABORATORIUM TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 27 JAKARTA DALAM MATERI AJAR LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

DIAN ARFAH, . (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS LABORATORIUM TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 27 JAKARTA DALAM MATERI AJAR LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK in indo.pdf

Download (85kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis laboratorium terhadap hasil belajar siswa pada materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 27 Jakarta. Responden yang dijadikan sampel adalah siswa kelas X MIA 2 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel ini dilakukanpurposive sampling. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design.Sebelum dilakukan pembelajaran, peserta didik terlebih dahulu diberikan pretest. Setelah dilakukan pembelajaran peserta didik diberikan posttest.Hasil penelitian menunjukkan rata-rata selisih hasil belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan pada masing-masing kelas eksperimen dan kontrol sebesar 38,20 dan 29,33. Pengujian terhadap hipotesis diperoleh nilai thitung = 2,63 dan ttabel= 2,00. Oleh karena thitung<ttabel, maka H0diterima dan H1diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif pembelajaran inkuiri berbasis laboratorium terhadap hasil belajar siswa pada materi ajar Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Erdawati, M.Si ; 2). Dr. Zulhipri, M.Si
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2020 15:59
Last Modified: 23 Nov 2020 15:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11745

Actions (login required)

View Item View Item