PENGARUH MEDIA FOTO PERISTIWA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP PGRI 30 JAKARTA

AMALIA RACHMAH, . (2019) PENGARUH MEDIA FOTO PERISTIWA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP PGRI 30 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (129kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (122kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (163kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (228kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (214kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (270kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media foto peristiwa terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP PGRI 30 Jakarta. penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2018/2019. Semester 2 pada bulan Mei di kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest. Uji Homogenitas dilakukan dengan menggunakan uji fisher. Berdasarkan perhitungan diperoleh Fhitung sebesar 1,685 dan Ftabel sebesar 1,984 pada taraf signifikan α = 0,5. Maka dapat disimpulkan Fhitung 1,685 < Ftabel 1,984. Jadi, sampel yang digunakan dalam penelitian ini memiliki varians yang homogen. Uji normalitas dilakukan dengan menggunakan uji Liliefors. L0= 0,173 pada kelas eksperimen, dan L0 = 0,133 pada kelas kontrol, sedangkan Ltpada taraf signifikan α = 0,05 didapat sebesar 0,177. Maka didapatkan hasil L0 < Lt maka data dinyatakan normal. Berdasarkan perhitungan uji-t, diperoleh thitung sebesar 3,339 pada dk48 dengan taraf signifikan α = 0,05, sedangkan ttabel hasil dari interpolasi diperoleh sebesar 2,011. Maka dapat disimpulkan thitung 3,339 > ttabel 2,011. Jadi dapat disimpulkan hipotesis penelitian mengatakan bahwa terdapat pengaruh media foto peristiwa terhadap kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP PGRI 30 Jakarta. Aplikasi terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia, guru dapat menggunakan media foto peristiwa terhadap kemampuan menulis teks berita pada Kurikulum 2013. Selain itu, guru dapat diaplikasikanpula terhadap materi pembelajaran teks eksposisi. Guru disarankan melakukan persiapan yang tepat dan matang agar proses belajar mengajar dengan menggunakan media pembelajaran foto peristiwa terhadap kemampuan menulis teks berita dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Reni Nur Eriyani, M.Pd, ; 2). N.Lia Marliana, M.Phil. (Ling),
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2020 17:56
Last Modified: 23 Nov 2020 17:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11750

Actions (login required)

View Item View Item