HASAN HUDAIBY, . (2014) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X SMK DAARUL ULUUM JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi hasan hudaiby.pdf Download (3MB) |
Abstract
Status sosial ekonomi dan motivasi belajar adalah salah satu dari beberapa hal yang menentukan hasil belajar siswa. Tanpa motivasi belajar, akan sulit mendapatkan hasil belajar yang optimal. Demikian juga dengan status sosial ekonomi, jika status sosial ekonomi siswa kurang memadai akan mengakibatkan proses belajar tidak berjalan efektif karena siswa tidak bisa membeli beberapa alat pembelajaran yang ia butuhkan, akibatnya hasil belajar siswa tidak akan maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara status sosial ekonomi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran pengantar akuntansi pada siswa kelas X SMK Daarul Uluum. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa di kelas X SMK Daarul Uluum yang berjumlah 119 siswa. Sebanyak 89 siswa digunakan sebagai sampel. Variabel status sosial ekonomi (X1) dan motivasi belajar (X2) sebagai variabel independen serta hasil belajar sebagai variabel dependen (Y). Data hasil belajar didapat dari dokumentasi hasil rata-rata ulangan harian siswa yang merupakan data sekunder. Data status sosial ekonomi didapat dari dokumentasi biodata siswa yang didalamnya terdapat data penghasilan orang tua. Sedangkan untuk data motivasi belajar didapat melalui questioner yang diisi oleh responden. Data tersebut kemudian diuji validitas dan realibilitas, lalu analisis melalui teknik regresi berganda serta uji asumsi klasik. Hipotesis diuji dengansignifikan pada 0,05 margin of error menggunakan t-test dan analisis varians (ANOVA) Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara status sosial ekonomi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan persamaan regresi Y = -44,848 + 5.433X1 + 0.373X2. Dari hasil analisa data, diperoleh Fhitung adalah 26,106 > Ftabel = 3,30. Ini berarti bahwa hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan antara status sosial ekonomi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar diterima. Sementara itu, koefisien determinasi untuk R2 adalah 0.363 yang menunjukkan bahwa status sosial ekonomi dan motivasi belajar dapat mempengaruhi hasil belajar untuk 36,3%. berdasarkan hasil di atas, disarankan bagi siswa untuk menemukan dan tahu apa status sosial ekonomi dan motivasi belajar mereka dan menggunakannya untuk mendapatkan prestasi yang optimal, untuk guru dan orang tua untuk memberikan motivasi bagi siswa sehingga mereka dapat termotivasi untuk belajar. *********** Socioeconomic status and learning motivation is one of the few things that define student learning outcomes. Without learning motivation, it will be difficult to get the optimal learning outcomes. Likewise, the socio-economic status, if the socioeconomic status of students will result in inadequate learning process was not effective because students can not buy some of the tools he needs learning, student learning outcomes as a result will not be maximal. The purpose of this study was to determine whether there is influence between socioeconomic status and motivation toward learning outcomes introductory accounting subjects in class X SMK Daarul Uluum. The population of this study were all students in classes X SMK Daarul Uluum which numbered 119 students. A total of 89 students are used as samples. Socioeconomic status variables (X1) and motivation (X2) as independent variables and learning outcomes as the dependent variable (Y). Data obtained from the documentation of learning outcomes average yield daily test students who are secondary data. Socioeconomic status data obtained from the documentation that the student biographical data contained therein parental income data. While the motivation for the study of data obtained through a questionnaire filled in by the respondent. The data is then tested for validity and reliability, and analysis through multiple regression techniques as well as classical assumption. The hypothesis tested dengansignifikan the margin of error of 0.05 using a t-test and analysis of variance (ANOVA) The results showed there is significant effect of sosioeconomic status and learning motivation for learning outcomes, with the regression equation Y = -44.848 + 5.433X1 + 0.373X2. From the analysis of the data, obtained of F is 26.106> F = 3.30. This means that the hypothesis that there is significant relationship between socioeconomic status and learning motivation for learning outcomes received. Meanwhile, the coefficient of determination for R2 is 0.363 which indicates that socioeconomic status and learning motivation can influence learning outcomes to 36.3%. based on the above results, it is advisable for students to find and know what the socio-economic status and learning motivatio them and use them to obtain optimal achievement, for teachers and parents to provide motivation for students so that they can be motivated to learn.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Mardi, M.Si. ; 2). Santi Susanti, S.Pd., M.Ak. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce > Akuntansi |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rima Safitri . |
Date Deposited: | 25 Nov 2020 11:37 |
Last Modified: | 25 Nov 2020 11:37 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11776 |
Actions (login required)
View Item |