PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR SEBELUM DAN SESUDAH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW PADA PELAJARAN IPS SISWA KELAS XI AP 1 DI SMK NEGERI 50 JAKARTA

HAZNA SYITA SAHLA, . (2014) PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR SEBELUM DAN SESUDAH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW PADA PELAJARAN IPS SISWA KELAS XI AP 1 DI SMK NEGERI 50 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI HAZNA SYITA SAHLA (8105108149) 2014.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data yang tepat dan dapat dipercaya tentang Perbedaan Motivasi Belajar Sebelum dan Sesudah Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Pada Pelajaran IPS Siswa Kelas XI AP 1 SMK 50 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 1 bulan terhitung Mei 2014 sampai Juni 2014. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK 50 Jakarta dengan populasi terjangkau siswa kelas XI (sebelas) yang berjumlah 229 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 40 siswa kelas XI AP 1. Sedangkan sampel yang diambil sebanyak 36 siswa yang telah mengalami sebelum dan sesudah penggunaan motivasi belajar siswa. Dalam uji normalitas dengan rumus liliefors, data sampel motivasi belajar sebelum penggunaan metode kooperatif jigsaw berdistribusi normal dimana Lhitung (0,078) < Ltabel (0,148) dan data sampel kelompok motivasi belajar sesudah penggunaan metode kooperatif jigsaw berdistribusi normal dimana Lhitung (0,140) < Ltabel (0,148). Dalam uji homogenitas dengan uji F diperoleh hasil bahwa kedua kelompok sampel tersebut bersifat homogen dimana Fhitung (1,20) < Ftabel (1,80). Langkah selanjutnya adalah uji hipotesis. Dari uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh harga thitung (2,64) berada diluar daerah penerimaan Ho dengan luas daerah penerimaan 0,05 dari tabel t adalah 2,04. Maka daerah penerimaan Ho antara -2,04 sampai 2,04, sehingga thitung berada di daerah penolakan Ho. Dengan demikian, hipotesis nol ditolak dan hipotesis penelitian diterima. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar sebelum dan sesudah penggunaan metode kooperatif jigsaw. ********* This study aimed to gather valid and reliable data concerning the difference of learning motivation before and after using Jigsaw cooperative learning method on social science subject for XI AP 1 students of 50 vocational high school Jakarta. This study was conducted for 1 month since May 2014 until June 2014. Experiment method was used in this study. The population in this study was the entire students of SMK 50 Jakarta with 229 affordable populations from grade XI. The sample used was 40 students from XI AP 1 class. Although the sample taken was 36 students, this sample had been experienced before and after use of learning motivation. In the normality test with liliefors formula, the data sample of learning motivation before use of cooperative jigsaw method distributed normal where Lhitung. Lhitung (0,078) < Ltabel (0,148) and after use where Lhitung (0,140) < Ltabel (0,148). In the homogeneity test with F test, obtained results that both sample groups are homogeneous where Fhitung (1,20) < Ftabel (1,80). the next step is hypothesis test. From hypothesis test used t test, obtained price of thitung (2.64) which was outside reception area of Ho with width 0.05 from ttabel was 2.04. So that, reception area of Ho was between -2.04 until 2.04, as of thitung was in rejection area of Ho. Therefore zero hypotheses had been rejected and research hypothesis accepted. Based on this study, it can be concluded that there is a difference in students learning motivation before and after using cooperative jigsaw method.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Umi Widyastuti, SE., ME ; 2). Dewi Nurmalasari, S.Pd, MM
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 27 Nov 2020 12:31
Last Modified: 27 Nov 2020 12:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11790

Actions (login required)

View Item View Item