Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus : SMP Negeri 255, SMP Negeri 195 dan SMP Negeri 202 Jakarta Timur)

Ahmad Zuhdi Arifin, . (2018) Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus : SMP Negeri 255, SMP Negeri 195 dan SMP Negeri 202 Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Ahmad Zuhdi Arifin_4715131255.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran secara jelas mengenai strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam terutama yang dilakukan guru bidang studi Pendidikan Agama Islam yang ada di SMP Negeri 255, SMP Negeri 195 dan SMP Negeri 202 Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan di tiga sekolah negeri yang ada di kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur, dengan mengambil populasi adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang berjumlah enam orang. Adapun jumlah sampel pada SMP Negeri 255 satu orang, SMP Negeri 195 dua orang, dan SMP 202 satu orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan tekhnik studi pustaka (library research) dan penelitian lapangan (field research) berupa observasi, wawancara, penyebaran angket dan dokumentasi. Sedangkan teori yang digunakan adalah teori tentang strategi pembelajaran yang diungkapkan oleh Suparman, bahwa komponen yang terkandung di dalam strategi pembelajaran ada 4 komponen yaitu: pertama, urutan kegiatan pembelajaran, kedua, metode pembelajaran, ketiga, media pembelajaran, terakhir, waktu yang digunakan oleh pengajar dan peserta didik dalam menyelesaikan setiap langkah dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian disajikan dalam bentuk prosentase, kemudian dideskripsikan dan dianalisis yang mencakup urutan kegiatan pembelajaran PAI. Dari data yang ada menunjukkan bahwa sebagian besar (50%) guru PAI selalu mengurutkan kegiatan pembelajaran baik dari kegiatan pendahuluan kegiatan inti sampai penutup. Pada tahap pendahuluan, seluruh guru (100%) bidang studi PAI menyampaikan tujuan khusus pembelajaran PAI. Penyampaian tujuan pembelajaran disampaikan secara keseluruhan oleh sebagian guru (50%), sedangkan sebagian guru lainnya (50%) hanya menyampaikan garis besarnya saja. Penjelasan deskripsi singkat isi pembelajaran dilakukan seluruh guru (100%) PAI. Kegiatan membaca al-Quran pada awal pembelajaran (100%). Pada tahap penyajian dalam kegiatan pembelajaran sebagian besar guru (25%) menyajikan materi tentang akidah akhlak kemudian memerintahkan siswa untuk menerapkannya. Sedangkan sebagian besar guru PAI lainnya (75%) hanya sekedar menjelaskan materi pelajaran, kemudian memberikan contoh keteladan nabi Muhammad saw. Dan dapat dikatakan bahwa strategi pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru-guru PAI di SMP Negeri 255, SMP Negeri 195 dan SMP Negeri 202 Jakarta Timur sudah cukup baik. Untuk itu, diharapkan agar setiap guru PAI memiliki kemampuan dan keterampilan yang baik dalam memilih dan melaksanakan strategi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs Zulkifli Lubis MA 2) Rihlah Nur Aulia, MA
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Oct 2019 10:44
Last Modified: 04 Oct 2019 10:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/118

Actions (login required)

View Item View Item