PENGARUH MEDIA FILM DOKUMENTER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X SMK PELITA TIGA JAKARTA

Pamela Irianti Wiguna, . (2019) PENGARUH MEDIA FILM DOKUMENTER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X SMK PELITA TIGA JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (152kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (115kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (178kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (258kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Orisinal.pdf

Download (220kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Publikasi.pdf

Download (277kB)

Abstract

Penelitian inibertujuanuntuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media film dokumenter terhadap kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas XSMKPelita TigaJakarta.Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen,desain penelitian ini adalah controlgroup pretestposttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang tercatat sebagai siswa kelas X SMK Pelita Tiga Jakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Sampel berjumlah 40 siswa. Desain rincian kelas eksperimen 20 siswa dan kelas kontrol 20 siswa. Instrumenpenelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes awal dan tes akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t atau uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 5,95dengan ttabel sebesar 1,729 untuk paraf seknifikasi αsebesar 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan thitung 5,95 > ttabel 1,729. Jadi dapat dikatakanbahwa Ho ditolaksedangkan Ha diterima artinya ada pengaruh media film dokumenter terhadap kemampuan menulis teks eksposisi. Terdapat aspek dengan persentase tertinggi yaitu aspek kemampuan berargumentasiteks eksposisisebesar 51,5 dan nilai aspek terendah pada aspek ketepatan ejaan dan tanda bacasebesar 7,75. Dengan demikian terdapat pengaruh media film dokumenter terhadap kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas XSMKPelita TigaJakarta.Berdasarkan hasil di atas, media film dokumenter dapat dijadikan media alternatif yang baik untuk pembelajaran teks eksposisi. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu media yang dapat digunakan oleh guru pada pembelajaran menulis teks eksposisi, selain itu dapat diimplikasikan terhadap materi pembelajaran teks laporan hasil observasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). N.Lia Marliana, S.Pd., M,Phil (Ling) ; 2). Reni Nur Eriyani, M.P.d.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2020 16:46
Last Modified: 27 Nov 2020 16:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11810

Actions (login required)

View Item View Item