PENGARUH KEPEMIMPINAN INTRAPRENEUR KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP INOVASI GURU SMA NEGERI DI JAKARTA TIMUR

AGUNG FIRSTIANTO, . (2019) PENGARUH KEPEMIMPINAN INTRAPRENEUR KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP INOVASI GURU SMA NEGERI DI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (309kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (541kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (192kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (398kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (413kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (623kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (499kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kepemimpinan intrapreneur kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap inovasi guru SMA Negeri di Jakarta Timur. Penelitian ini membutuhkan waktu selama tiga bulan, terhitung mulai dari bulan Januari 2019 hingga bulan Maret 2019. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei. Populasi terjangkau pada penelitian ini berjumlah 140 responden. Berdasarkan pada tabel Isaac dan Michael dengan 140 responden, maka jumlah sampel pada penelitian ini adalah 100 responden. Teknik pemilihan responden menggunakan proportional random sampling, yaitu menggunakan metode acak proporsional. Untuk pengolahan data, peneliti mengolah kuesioner dengan menggunakan Likert Scale (Skala Likert). Variabel Inovasi Guru (Y), variabel kepemimpinan intrapreneur kepala sekolah (X1), dan variabel budaya sekolah (X2) merupakan data primer yang berasal dari kuesioner penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pertama uji persyaratan analisis, yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas; kedua uji asumsi klasik, yang terdiri dari uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas; ketiga uji regresi linear berganda; keempat uji hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji F; dan terakhir adalah perhitungan analisis koefisien determinasi. Nilai thitunguntuk variabel kepemimpinan intrapreneur sebesar 2,357 dan thitung untuk variabel budaya sekolah sebesar 11,836 yang mana ttabel sebesar 1,98472. Hal tersebut berarti terdapat pengaruh signifikan parsial variabel Kepemimpinan Intrapreneur Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Inovasi Guru karena thitung > ttabel. Adapun Uji F memiliki nilai Fhitung sebesar 698,447 dan nilai Ftabel sebesar 3,09 dimana Fhitung > Ftabel. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara variabel Kepemimpinan Intrapreneur Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Inovasi Guru. Persamaan regresi berganda yakni Ŷ = 6,042 + 0,143X1 + 0,773X2. Nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,935 yang menunjukkan bahwa variabel Kepemimpinan Intrapreneur Kepala Sekolah (X1) dan Budaya Sekolah (X2) berpengaruh secara simultan terhadap Inovasi Guru (Y) sebesar 93,5 persen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Siti Nurjanah, S.E., M.Si. ; 2). Suparno, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 01 Dec 2020 17:45
Last Modified: 04 Dec 2020 11:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11837

Actions (login required)

View Item View Item