PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TARI BAMBU, ASESMEN KINERJA, DAN MATHEMATICS HABIT OF MIND TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DENGAN MENGONTROL KEMAMPUAN AWAL SISWA

WARYADI, . (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TARI BAMBU, ASESMEN KINERJA, DAN MATHEMATICS HABIT OF MIND TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DENGAN MENGONTROL KEMAMPUAN AWAL SISWA. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (616kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf

Download (401kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Keterampilan komunikasi matematis siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti model pembelajaran, penilaian, kebiasaan berpikir, pengetahuan awal, dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran, jenis penilaian, dan kebiasaan berpikir matematika terhadap keterampilan komunikasi matematis dengan cara mengontrol pengetahuan awal siswa. Dilakukan di SMPN 34 dan SMPS Sejahtera Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 34 dan SMPS Sejahtera Jakarta, dan dipilih 144 siswa dengan menggunakan teknik random sampling sebagai sampel. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2x2, data dianalisis dengan Analisis Kovariansi (ANCOVA) pada signifikansi α = 0,05. Analisis dan interpretasi data menunjukkan: 1) Prestasi kelompok yang memperoleh model pembelajaran Tari Bambu lebih tinggi dibandingkan kelompok yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) ketercapaian kelompok yang memperoleh penilaian kinerja lebih tinggi dari pada kelompok yang memperoleh penilaian tes; 3) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan tipe penilaian keterampilan komunikasi matematis siswa; 4) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan matematis habit of mind terhadap keterampilan komunikasi matematis siswa; 5) terdapat pengaruh interaksi antara jenis penilaian dengan kebiasaan berpikir matematis terhadap keterampilan komunikasi siswa; 6) Ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran, jenis penilaian, dan kebiasaan berpikir matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa; 7) Keterampilan komunikasi matematis kelompok siswa yang mendapatkan model pembelajaran Tari Bambu lebih tinggi daripada kelompok siswa yang mendapatkan model pembelajaran Tari Bambu. mendapatkan model pembelajaran konvensional khusus pada kelompok siswa yang mendapatkan penilaian kinerja dan memiliki kebiasaan pikiran matematika tinggi, kelompok siswa yang mendapatkan penilaian tes dan memiliki kebiasaan berpikir matematika tinggi, kelompok siswa yang mendapatkan penilaian kinerja dan memiliki kebiasaan berpikir matematika rendah , dan kelompok siswa yang mendapatkan penilaian tes dan memiliki kebiasaan berpikir matematika yang rendah; 8) Keterampilan komunikasi matematis kelompok siswa yang mendapatkan penilaian kinerja lebih tinggi daripada kelompok siswa yang mendapatkan penilaian tes, khususnya pada kelompok siswa yang mendapatkan model pembelajaran Tari Bambu dan memiliki kebiasaan berpikir matematika tinggi, kelompok siswa yang diajar dengan bambu Model pembelajaran tari dan memiliki kebiasaan berpikir matematika yang rendah, serta kelompok siapa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional dan memiliki kebiasaan berpikir matematika yang rendah; 9) Hipotesis keterampilan komunikasi matematis kelompok siswa yang memperoleh penilaian kinerja lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa yang mendapatkan penilaian tes, khususnya pada kelompok siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional dan memiliki kebiasaan berpikir matematika tinggi tidak terbukti. Temuan ini mengimplikasikan bahwa guru diharapkan mampu menerapkan model pembelajaran dan penilaian kinerja Tari Bambu dengan memperhatikan tingkat kebiasaan berpikirnya. Kata kunci: komunikasi matematis, model pembelajaran, jenis penilaian, kebiasaan berpikir siswa, kemampuan awal siswa Abstract Students' mathematical communication skills are influenced by several factors, such as learning models, assessments, habits of mind, prior knowledge, and others. This study is intended to determine the effect of learning models, types of assessment, and mathematics habits of mind on mathematical communication skills by controlling students' prior knowledge. Performed at SMPN 34 and SMPS Sejahtera Jakarta. The population was all students of SMPN 34 and SMPS Sejahtera Jakarta, and 144 students were selected using a random sampling technique as a sample. This study was an experiment using a 2x2x2 factorial design, the data were analyzed by Covariance Analysis (ANCOVA) at a significance of α = 0.05. Analysis and interpretation of the data shows: 1) the achievement of groups who get the Bamboo dance learning model is higher than those who get the conventional learning model; 2) the achievement of groups that get higher performance assessments than those who get test assessment; 3) there is an influence of interaction between the learning model with the type of assessment of students' mathematical communication skills; 4) there is an influence of interaction between learning models with mathematical habits of mind on students' mathematical communication skills; 5) there is an interaction effect between the types of assessment with mathematical habits of mind on students' communication skills; 6) there is an effect of interaction between learning models, types of assessment, and mathematical habits of mind on students' mathematical communication skills;7) Mathematical communication skills of groups of students who get Bamboo Dance learning models are higher than groups of students who get conventional learning models specifically in groups of students who get performance assessments and have high mathematical habits of mind, groups of students who get test assessments and have high mathematics habits of mind, groups of students who get performance assessments and have low mathematics habits of mind, and groups of students who get test assessments and have low mathematics habits of mind; 8) Mathematical communication skills of groups of students who get higher performance assessments than groups of students who get test assessments, specifically in groups of students who get Bamboo Dance learning models and have high mathematics habits of mind, groups of students who are taught with Bamboo Dance learning models and have low mathematics habits of mind, as well as groups of students who get conventional learning models and have low mathematics habits of mind; 9) The hypothesis of Mathematical communication skills of groups of students who get higher performance assessments than groups of students who get test assessments, specifically in groups of students who get conventional learning models and have high mathematical habits of mind are not proven. This finding implies that teachers are expected to be able to apply the Bamboo Dance learning model and performance appraisal, taking into account the level of their thinking habits. Keywords: mathematical communication, learning models, types of assessment, students habits of mind, students' initial abilitie

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1) Dr. Kadir, M. Pd. 2) Dr. Wardani Rahayu, M. Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 8062 not found.
Date Deposited: 08 Dec 2020 11:57
Last Modified: 08 Dec 2020 11:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11868

Actions (login required)

View Item View Item