PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN SIKAP TERHADAP KETERAMPILAN BELAJAR ABAD 21 PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI KECAMATAN JATINEGARA JAKARTA TIMUR

AKBAR PRAYOGA, . (2019) PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN SIKAP TERHADAP KETERAMPILAN BELAJAR ABAD 21 PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI KECAMATAN JATINEGARA JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (685kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (898kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (384kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (182kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (181kB)
[img] Text
LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (333kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (287kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh antara literasi digital dan sikap terhadap keterampilan belajar abad 21 pada siswa di SMA Negeri Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga bulan, yaitu bulan Maret-Mei 2019.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey. Populasi padapenelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di 3 SMA NegeridiJakartaTimur yang berjumlah 432siswa, dengan beracuan pada table Isaac dan Michael makajumlah sampelpada penelitian ini sebanyak 191 responden. Teknik pemilihanresponden menggunakan proportional random sampling, yaitu menggunakanmetode acak proportional. Untuk pengumpulan data peneliti menggunakandengan skala likert. Ketiga variabel yaitu Keterampilan Belajar Abad 21 (Y) serta Literasi Digital(X1) dan SikapBelajar (X2) yang merupakan dataprimer yang di peroleh dari penyebaran kusioner penelitian. Teknik analisis datayang digunakan yaitu, pertama uji persyaratan analisis yang terdiri dari ujinormalitas dan uji linearitas. Kedua uji asumsi klasik yang terdiri dari ujimultikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Ketiga uji regresi linear berganda.Keempat uji hipotesis yang berisi uji t dan uji F. Perhitungan terakhir yaituanalisis koefisien determinasi. thitungpada variabel literasi digital sebesar 2,998danthitungpada variabel sikap belajar sebesar 12,331. Dimana ttabelsebesar 1,972iniberarti terdapat pengaruh signifikan parsial variabel literasi digitaldan sikap terhadap keterampilanbelajar. Karena thitung> ttabelsedangkan untuk Uji F,didapati hasil Fhitungsebesar 96,002> Ftabelsebesar 3,00. Dimana dapat ditarikkesimpulan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara variabel literasi digital dan sikap terhadap keterampilan belajar karena Fhitung> Ftabel. Persamaanregresi berganda memperoleh hasil Ŷ=2,399+0,307X1+0,637X2. Nilai koefisiendeterminasi R2sebesar 0,505. Ini berarti variabel literasi digital(X1) dan sikap (X2) berpengaruh terhadap keterampilan belajar (Y) sebanyak 50,5%

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Suparno, S.Pd, M.Pd, ; 2). Agus Wibowo, M.Pd,
Subjects: Ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 08 Dec 2020 15:47
Last Modified: 08 Dec 2020 15:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11884

Actions (login required)

View Item View Item