PENGARUH METODE PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 88 JAKARTA

AMELIA YURIANTI, . (2019) PENGARUH METODE PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 88 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK & ABSTRACK.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text
COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (133kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (196kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (175kB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf

Download (115kB)

Abstract

Higher order thinking skills(HOTS) siswa pada pembelajaran ekonomidi SMA Negeri 88 Jakartaterbilang rendah, disebabkan oleh siswa yang masih mengandalkan guru dan tidak aktif di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan HOTS siswa dengan menggunakan metode problem based learning(PBL) pada siswa kelas XI dengan pembelajaran ekonomi pembahasan perdagangan internasional.Jenis penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain penelitan berupa Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2019. Subjek penelitian yang teridiri dari dua kelompok yaitu kelas eksperimen dankelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Hasil HOTS diperoleh dari hasil pretest yang akan diberikan berjumlah 30 soal pilihan ganda dan hasil posttest yang juga pilihan ganda berjumlah 30 soal.Hasil penelitianmenunjukkan bahwadata tidak berdistrbibusi normal tetapi homogen. Hasil analisis statistik non parametrik dilakukan yaitu uji wilcoxon dan uji mann whitney. Untuk nilai n-gain skor data berdistribusi normal dan homogen, maka dilakukan uji independent t-test. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka (1)Terdapat perbedaan higher order thinking skillssiswa kelas eksperimensebelum dan sesudah perlakuan menggunakan metode problem based learning. (2)Terdapat perbedaan higher order thinking skillssiswa kelas kontol sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan metode konvensional. (3)Terdapat prbedaan antara higher order thinking skillspada kelas eksperimen dengan metode problem based learningdan kelas kontrol dengan metode konvensional. (4)Terdapat peningkatan higher order thinking skillssiswa antara kelas eksperimen dengan metode problem based learningdan kelas kontrol dengan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Suparno, S.Pd, M.Pd ; 2). Agus Wibowo, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 08 Dec 2020 17:21
Last Modified: 08 Dec 2020 17:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11891

Actions (login required)

View Item View Item