Pendidikan Kesetaraan Gender: Analisis Feminis Liberal Tentang Konsepsi Pendidikan R. A. Kartini

AIDA CHOIRUNNISA, . (2018) Pendidikan Kesetaraan Gender: Analisis Feminis Liberal Tentang Konsepsi Pendidikan R. A. Kartini. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI IDA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai ketimpangan gender dalam pendidikan masa Kartini sehingga membuat Kartini tergerak untuk menghentikan fenomena tersebut. Kartini mencetuskan konsep pendidikan kesetaraan gender untuk perempuan Jawa dari hasil elaborasi keadaan yang dialami pada masa itu. Wujud dari konsep tersebut adalah mendirikan Sekolah Gadis di Jepara dan Rembang. Berlandaskan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan: Menguraikan keadaan sosial, politik, ekonomi dan budaya masa R.A. Kartini; menjelaskan konsepsi pendidikan yang dicanangkan oleh R.A. Kartini dalam analisis feminis liberal; dan merefleksikan konsepsi pendidikan R.A. Kartini dengan keadaan pendidikan saat ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode hermeneutik. Jenis penelitian yakni penelitian historis atau penelitian pustaka (library research) atau riset kepustakaan atau studi pustaka. Metode pengumpulan dan analisis data yakni studi literatur dan analisis wacana (AW) atau discourse analysis (DA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kota Jepara menganut sistem politikekonomi yakni kolonialisme-monopoli ekonomi dan sosial-budaya yakni feodalpatriarkhi yang cenderung mengakibatkan terjadinya ketimpangan gender dalam pendidikan. Kartini menjadi perintis jalan emansipasi. Kartini mencetuskan pendidikan kesetaraan gender bagi perempuan agar mengasah kognitif, afektif dan psikomotorik yang direpresentasikan melalui Sekolah Gadis. Sepeninggal Kartini, Sekolah Gadis menjadi alat kontestasi politik sehingga melupakan esensinya. Konsep tersebut dianalisis melalui teori feminisme liberal egaliter. Hasil analisis yakni konsep pendidikan kesetaraan gender oleh Kartini relevan dengan teori feminis liberal egaliter berpandangan bahwa pemerintah ikut andil di ruang publik agar lebih mudah mewujudkan kesetaraan gender, khususnya pendidikan kesetaraan gender

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Ikhlasiah Dalimoenthe, M.Si 2) Dra. Rosita Adiani, M.A
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Ilmu Sosial > Wanita,Pernikahan dan Keluarga
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Oct 2019 10:47
Last Modified: 04 Oct 2019 10:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/119

Actions (login required)

View Item View Item