PENGARUH AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI DAN PARTISIPASI STAKEHOLDERS TERHADAP EFISIENSI PENGELOLAAN DANA PENDIDIKAN (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri di Jakarta Utara)

HUSNUN HANIYYAH, . (2014) PENGARUH AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI DAN PARTISIPASI STAKEHOLDERS TERHADAP EFISIENSI PENGELOLAAN DANA PENDIDIKAN (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri di Jakarta Utara). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
husnun haniyyah (new).pdf

Download (2MB)

Abstract

Sistem pengelolaan pembiayaan di tingkat satuan pendidikan belum dilaksanakan secara efektif dan efisien. Perencanaan biaya (penganggaran) dari berbagai sumber dana belum terarah pada peningkatan mutu pendidikan. artinya, kebutuhan biaya yang secara langsung berhubungan dengan PBM (pengadaan bahan pelajaran) serta pembinaan guru dan peserta didik, belum mendapatkan skala prioritas. Demikian pula biaya yang tersedia tidak dipergunakan secara efisien. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh akuntabilitas, transparansi dan partisipasi stakeholders terhadap efisiensi pengelolaan dana pendidikan. sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 85 responden yaitu para kepala sekolah, wakil kepala sekolah, staf kurikulum, staf humas, staf sarana prasarana, staf kesiswaan, bendahara, kepala tata usaha, komite sekolah, guru pada SMP Negeri di Jakarta Utara. Sebelum dilakukan pengujian untuk menjawab hipotesis, dilakukan terlebih dahulu pengujian asumsi klasik setelah itu, untuk menjawab hipotesis penelitian menggunakan alat analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa variabel independen dalam penelitian ini, yaitu akuntabilitas, transparansi, dan partisipasi stakeholders berpengaruh signifikan terhadap efisiensi pengelolaan dana pendidikan. ********** Financial management systems at the level of education unit have not been carried out effectively and efficiently. Cost planning ( budgeting ) from various sources of funding has not been focused on improving the quality of education. It means that the needs of the cost are directly related to the PBM (procurement of learning materials) as well as the coaching of teachers and learners, has not got priority. Similarly, funds are not used efficiently. This study aims to demonstrate empirically the effect of accountability, transparency and participation of stakeholders on the efficiency of the management of education funds. The samples used in this study were 85 respondents, principals, vice principals, curriculum staff, public relation staff, facilities staff, student affairs staff, treasurers, chief administrators, school committee, teachers at the Junior High Schools in North Jakarta. Prior to testing to answer the hypothesis, the classical assumption test, was given to answer the research hypotheses using multiple regression analysis. Based on the research results, it can be concluded that the independent variables in this study, namely accountability, transparency, and participation of stakeholders have a significant effect on the efficiency of the management of education funds.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Tresno Eka Jaya, SE, M. Akt ; 2). Marsellisa Nindito, SE,Akt, M.Sc, CA
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Akuntansi
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 10 Dec 2020 15:16
Last Modified: 10 Dec 2020 15:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11929

Actions (login required)

View Item View Item