PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK JURUSAN AKUNTANSI

Bagas Adiansyah, . (2019) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK JURUSAN AKUNTANSI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
PDF SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kegiatan dalam pendidikan atau pembelajaran terdapat sebuah proses yang akan dilakukan sebuahpenilaian atas tercapainya hasil belajar yang menjadi tolak ukur didalam prestasi peserta didikselama menjalani kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besarnya pengaruhlingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa SMK jurusan Akuntansi. Penelitian ini dijalakan dengan menggunakan metode berupa survey dengan berbasis pendekatan kuantitatif. Teknik Pengumpulan data kepada responden yang digunakan berupa penyebaran angket. Banyaknya Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 8 Jakarta Selatan. Total Populasi Terjangkaunya yaitu siswa kelas X jurusan Akuntansi dengan sampel 84 responden. Uji yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah analisis regresi linear berganda, yang sebelumnya sudah di uji dengan uji persyaratan analisis yang meliputi normalitas dan linearitas. Hasil dari Analisi menunjukkan: (i) terdapat Pengaruh yang signifikan diantara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar, (ii) terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar , (iii) terdapat pengaruh yang signfikan antara lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar dengan nilai korelasi berganda (Sign F. Change) sebesar 0,00 < 0,05 yang menunjukan ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar. Dari analisa data tersebut diperoleh Fhitung = 12,142 > Ftabel= 2,72. Koefesien determinan sebesar 0,231 , yang mengartikan bahwa Variabel Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah mempengaruhi Prestasi Belajar sebesar 23,1%. Lalu, dapat diketahui lingkungan keluarga memberikan sumbangan efektif senilai 3,42% dan Lingkungan Sekolah memberikan 3,03 % , dengan ditunjukkan persaamaan Y= 72,545 + 0,047X1+0,057X2. Dari hasil penelitian tersebut diketahui Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah kepada Prestasi Belajar memiliki pengaruh antara satu sama lain dan dari penelitian inimemiliki hasil yang berpengaruh signifikan serta terdapat perkembangan dari penelitian sebelumnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Zulaihati, M.Si ; 2). Ati Sumiati, S.Pd., M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Wanita,Pernikahan dan Keluarga
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 10 Dec 2020 16:59
Last Modified: 10 Dec 2020 16:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11938

Actions (login required)

View Item View Item