PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA SISWA KELAS IV SDN DI KELURAHAN RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR (Studi Eksperimen di SDN Kelurahan Rawamangun, Jakarta Timur)

Geni Puspita Sumanti, . (2016) PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA SISWA KELAS IV SDN DI KELURAHAN RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR (Studi Eksperimen di SDN Kelurahan Rawamangun, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi PDF lengkap.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan data empiris pemahaman konsep siswa kelas IV SDN dalam pembelajarannya mendapatkan pendekatan keterampilan proses dan pendekatan konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kelurahan Rawamangun 09 pagi, Jakarta Timur khususnya di kelas IV. Penelitian ini menggunakan instrumen tes pemahaman konsep IPA tentang “gaya”, berjumlah 12 soal. Instrumen tersebut kemudian dihitung uji normalitas data menggunakan uji Lilliefors menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Kemudian dilakukan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa kedua kelas bersifat homogen. Setelah itu dianalisis dengan hipotesis menggunakan uji-t. hasil perhitungan menunjukkan bahwa thitung sebesar 4,015 sedangkan harga ttabel pada taraf signifikan α=0,05 adalah sebesar 1,867. Artinya hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis penelitian diterima (H1). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pendekatan keterampilan proses terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas IV di Kelurahan Rawamangun Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Budiman Rajagukguk, M.Pd., ; 2). Dra. Maratun Nafiah, M. Pd.,
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 06 Nov 2019 11:16
Last Modified: 06 Nov 2019 11:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1197

Actions (login required)

View Item View Item