HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN PERSEPSI SISWA SERTA DUKUNGAN SOSIAL GURU DENGAN PERILAKU HIDUP SEHAT SISWA SD DI SEKOLAH SEKITAR PASAR (STUDI DI KECAMATAN CIPUTAT, KOTA TANGERANG SELATAN, PROVINSI BANTEN)

TEGUH SUPRIYADI, . (2020) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN PERSEPSI SISWA SERTA DUKUNGAN SOSIAL GURU DENGAN PERILAKU HIDUP SEHAT SISWA SD DI SEKOLAH SEKITAR PASAR (STUDI DI KECAMATAN CIPUTAT, KOTA TANGERANG SELATAN, PROVINSI BANTEN). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (537kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Perilaku hidup sehat siswa SD di sekolah masih menjadi persoalan. Apalagi bagi siswa-siswa dari sekolah yang berada di sekitar pasar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hubungan antara persepsi siswa SD terhadap kebersihan lingkungan fisik sekolah dengan perilaku hidup sehat siswa SD di sekolah; (2) mengetahui hubungan antara dukungan sosial guru SD kepada siswa dengan perilaku hidup sehat siswa SD di sekolah; (3) mengetahui hubungan antara pengetahuan siswa SD tentang kesehatan lingkungan dengan perilaku hidup sehat siswa SD di sekolah; dan (4) mengetahui hubungan antara persepsi siswa SD terhadap kebersihan lingkungan fisik sekolah, dukungan sosial guru SD kepada siswa, dan pengetahuan siswa SD tentang kesehatan lingkungan secara bersama-sama dengan perilaku hidup sehat siswa SD di sekolah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD sekitar Pasar Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, yakni: SD Negeri Ciputat 01 dan SD Negeri Ciputat 06. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SD Kelas 4, 5, dan 6. Penelitian ini dilakukan secara daring/online dengan kuesioner dalam format google form. Pada instrumen (kuesioner dan tes) dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi dan korelasi. Hasil temuan penelitian ini adalah: menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel persepsi siswa SD terhadap kebersihan lingkungan fisik sekolah dengan variabel perilaku hidup sehat siswa SD di sekolah pada α=0,05; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel dukungan sosial guru SD kepada siswa dengan variabel perilaku hidup sehat siswa SD di sekolah pada α=0,05; (3) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara variabel pengetahuan siswa SD tentang kesehatan lingkungan dengan variabel perilaku hidup sehat siswa SD di sekolah pada α=0,05; dan (4) tidak terdapat hubungan antara persepsi siswa SD terhadap kebersihan lingkungan fisik sekolah, dukungan sosial guru SD kepada siswa, dan pengetahuan siswa SD tentang kesehatan lingkungan secara bersama-sama dengan perilaku hidup sehat siswa SD di sekolah. Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil temuan bahwa apabila ingin meningkatkan dan mengembangkan perilaku hidup sehat siswa SD di sekolah, maka faktor-faktor seperti persepsi siswa SD terhadap kebersihan lingkungan fisik sekolah dan dukungan sosial guru perlu dipertimbangkan dan dikembangkan. Meskipun pengetahuan siswa SD tentang kesehatan lingkungan tidak berhubungan dengan perilaku hidup sehat siswa SD, namun tetap perlu dipertimbangkan dalam rangka kelanggengan perilaku. Kata Kunci: perilaku, persepsi, dukungan sosial, pengetahu ***************** ABSTRACT Healthy behavior of elementary school students in schools is still a problem. Especially for students who are around traditional market. This study aims to determine the relationship between (1) elementary school students' knowledge about environmental health, (2) perceptions about the cleanliness of the school's physical environment, (3) social support of elementary school teachers, and (4) the three variables altogether with healthy life behaviors of elementary school students in schools around traditional market. This research is a quantitative research with survey method. The population in this study were elementary school students around Ciputat Market, South Tangerang City, Banten Province, namely: State Elementary School (SDN) 01 Ciputat and 06 Ciputat. The sample in this study were elementary school students in grades 4, 5 and 6. This study was conducted online with a questionnaire in Google form format. The instruments (questionnaire and test) were tested for the validity and reliability. Data analysis uses regression and correlation. The research findings show that; (1) there is a positive and significant relationship between elementary school students' perceptions of the cleanliness of the school’s physical environment and healthy behavior of elementary school students in school at α=0.05; (2) there is a positive and significant relationship between social support of elementary school teachers to students with healthy behavior of elementary school students in school at α=0.05; (3) there is no significant relationship between elementary students’ knowledge about environmental health and healthy behavior of elementary school students in school at α=0.05; and (4) there is no relationship between elementary students' perceptions of the cleanliness of the school's physical environment, social support of elementary school teachers to students, and elementary school students' knowledge of environmental health altogether with the healthy behavior of elementary school students at school. It can be concluded from the findings that to improve and develop the healthy behavior of elementary school students in schools, factors such as students' perceptions of the cleanliness of the school's physical environment and teachers social support need to be considered and developed. Although students' knowledge of environmental health is not related to healthy behavior, it still needs to be considered in the context of behavior permanence. Keywords: behavior, perception, social support, knowledge an

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Nadiroh, M.Pd. ; 2). Dr. Agung Purwanto, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Lingkungan
Depositing User: Users 8257 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2020 09:38
Last Modified: 19 Dec 2020 09:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11970

Actions (login required)

View Item View Item