Hubungan Antara Konsep Diri dan Kecemasan Siswa Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Akuntansi Di SMKN 44 Jakarta

Indah Tiara Puri Handayani, . (2014) Hubungan Antara Konsep Diri dan Kecemasan Siswa Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Akuntansi Di SMKN 44 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
INDAH TIARA PURI HANDAYANI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan fakta yang valid tentang Hubungan Antara Konsep Diri dengan Hasil Belajar Kelas X Mata Pelajaran Akuntansi di SMKN 44 Jakarta. Penelitian ini menggunakan Metode Surveydenganpendekatankuantitatif karena pada penelitian ini data-data yang akan diambil berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 44Jakartadengan populasi seluruhnya berjumlah 625 orang. Adapun populasi terjangkaunya yang peneliti tentukan adalah berjumlah 70 siswa. Terdiri dari siswa kelas X Jurusan Akuntansi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah berjumlah 58 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel acak sederhana (Simple Random Sampling Technique). Instrumen yang digunakan dalam penelitian berbentuk kuisioner berjumlah 39 butir untuk variabel konsep diri dan 33 butir untuk variabel kecemasan siswa. Hasil belajat diukur menggunakan hasil ulangan akhir siswa di sekolah. Dari Uji persyaratan analisis yang dilakukan, data dinyatakan berdistribusi normal dan linear dengan persamaan regresi ganda Y=-11,438 + 0,847 X1 – 0,217 X2. Model regresi ganda dinyatakan bebas dari masalah multikolinearitas, heterokedastisitas dan autokorelasi. Berdasarkan uji hipotesis diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara parsial untuk variabel konsep diri dengan hasil belajar dengan dilakukan uji t, dimana t hitung(4,856) >tabel (2,004), dan terdapat hubungan yang negatif dan tidak signifikan secara parsial untuk variabel kecemasan siswa dengan hasil belajar dengan t hitung (-1,437 4)>t tabel (-2,004), selain itu terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara simultan antara ketiga variabel dengan dilakukannya uji f, dimana nilai Fhitung (13.746)>Ftabel(3.165). Kemudian, Berdasarkan perhitungan korelasi ganda diperoleh nilai R sebesar 0.590, maka dapat disimpulkan bahwa antara variabel konsep diri dan kecemasan siswa dengan variabel hasil belajar memiliki hubungan yang cukup kuat. ******** Study aimed to obtain valid data and facts about the Relationship Between Self Concept and Student Anxiety Of Students With Learning Outcomes Class X Accounting Lessons In 44 State Vocational High School Jakarta. This study used a survey method with a quantitative approach because in this study the data to be retrieved in the form of figures and statistical analyzes using . The population of this study were all students of 44State Vocational High School Jakarta with a population totaling 625 people . The population that researchers specify inaccessibility is numbered 70 students . Class consists of 10 students in 44 State Vocational High School Jakarta Accounting Department . The sample used in this study are numbered 58 students . The sampling technique used in this study is Simple Random Sampling Technique . Instruments used in the form of a questionnaire study totaled 39 points for the self concept variable and 33 points for the student anxiety variable . Results learns measured using daily test results of students in the school . Of test requirements analysis, data were expressed normally distributed and linear multiple regression equation Y = -11,438 + 0,847 X1 – 0,217 X2. Multiple regression models were declared free from the problem of multicollinearity by looking at the results of 0.988 the value of tolerance ( tolerance > 0.1 ) and the VIF for 1.012 ( VIF < 5 ) which is less than 5 . Then to see the regression model is free from the problem heterocedastity , can be seen from the distribution of point - variable point spread above and below the 0 on the Y axis , then this indicates that the regression model is free from the problem heterocedastisity . And regression models are also free from the problem of autocorrelation , it is proved by dL = 1.5052 ,dU=1.6475 and Durbin Watson value = 1,642 , then Durbin WatsonValue beside dL and dU . Based on the results of hypothesis testing can be seen relationship and significant effect among the three variables simultaneously with the test done f , where the value of Fcount ( 13 746 ) > Ftabel ( 3,165 ) . Then , there is a positive and significant relationship to variables partially self concept by the results of the study conducted t test , where tcount (4.856) > ttable ( 2.004 ) , and there is a negative and not significant relationship to the variable partial student anxiety with learning outcomes with tcount (-1,437) > t table ( 2.004 ) . Based on the correlation perhitungn double the R value of 0,590 is obtained , it can be concluded that the relationship between the variables of self consept and discipline with relatively enough strong learning outcome variables.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Santi Susanti. S.Pd. M.Ak. ; 2). Achmad Fauzi, S.Pd, M.Ak.
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 23 Dec 2020 15:46
Last Modified: 23 Dec 2020 15:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/11993

Actions (login required)

View Item View Item