PENGARUH MOTIVASIBELAJAR, DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI SMK NEGERI 8 JAKARTA

ELBY ASSYDQIE, . (2019) PENGARUH MOTIVASIBELAJAR, DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI SMK NEGERI 8 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
PDF SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 8 Jakarta dengan populasi108 siswa dengan sampel 84 siswa. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Penggumpulan data dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan data sekunder dan penyebaran kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresiberganda dan uji hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa adapengaruh secara parsial antara motivasi belajar dengan prestasi belajarpengujian ini memproleh ttabel1,993. Sehingga dapat diketahui bahwa hasil untuk variabel motivasi belajar (X1) thitung >ttabel yaitu 13,520>1,993 yang berarti hipotesis Ho ditolak, yang artinya secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel motivasi belajar terhadap prestasi belajar. variabel disiplin belajar menunjukan hasil bahwa thitung >ttabel yaitu 4,003 > 1,993 yang berarti sama dengan variabel sebelumnya yang menunjukan bahwa Ho ditolak. Berarti secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel disiplin belajar dengan prestasi belajar.Variabel (X3) yaitu lingkungan keluarga menunjukan hasil bahwa thitung >ttabel yaitu 2,733>1,993 = Ho ditolak. Secara parsial terdapat pengaruh signifikan antara variabel lingkungan keluarga dengan prestasi belajar.Secara simultan ada pengaruh antara motivasi belajar, disiplin belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukan bahwaFhitung> Ftabel yaitu 287,487>2,72. Sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar (X1), disiplin belajar (X2) dan lingkungan keluarga (X3) secara simultan berpengaruh terhadap prestasi belajar (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Zulaihati, M.Si ; 2). Ati Sumiati, S.Pd., M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 24 Dec 2020 12:58
Last Modified: 24 Dec 2020 12:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12026

Actions (login required)

View Item View Item