HUBUNGAN KEMAMPUAN BERADAPTASI SISWA YANG MENGIKUTI PENDIDIKAN SISTEM GANDA DENGAN PRESTASI BELAJAR DI SMK N 14 JAKARTA

NINDI HORFINDA, . (2012) HUBUNGAN KEMAMPUAN BERADAPTASI SISWA YANG MENGIKUTI PENDIDIKAN SISTEM GANDA DENGAN PRESTASI BELAJAR DI SMK N 14 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
NINDI HORFINDA.pdf

Download (583kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data/fakta yang tepat dan dapat dipercaya (reliable) tentang seberapa jauh hubungan antara kemampuan beradaptasi siswa yang mengikuti pendidikan sistem ganda dengan prestasi belajar di SMKN 14 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan terhitung bulan Maret 2012 sampi dengan bulan Mei 2102. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Sedangkan data yang diperoleh berasal nilai rapor UTS semester genap dan instrumen yang disebarkan kepada peserta didik kelas XI jurusan Akuntansi, kelas XI AK1,2, dan 3 sebanyak 111 orang. Sampel diambil sebanyak 89 orang dari ketiga kelas tersebut. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 64,86 + 0,12 X . Selanjutnya adalah uji normalitas galat taksiran regresi atas X dengan menggunakan uji liliefors dan diperoleh Lo = 0,091 dibandingkan dengan Ltabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 0,0939 maka Lo < Lt. Hal ini berarti galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Untuk uji keberartian regresi diperoleh Fh (19,27) > Ft (3,98) ini membuktikan bahwa regresi berarti. Sedangkan uji kelinieran menghasilkan Fh (1,46) < Ft (1,64), ini berarti model regresi yang dipakai linear. Uji koefisien korelasi product moment menghasilkan rxy = 0,42. Kemudian dilanjutkan dengan uji signifikan koefisien dengan menggunakan uji t. Hasil yang diperoleh adalah thitung sebesar 4,317, sedangkan ttabel pada dk = n – 2 = 87 dan taraf signifikansi 0.05 adalah 1,658, berarti thitung > ttabel. Selain itu, diperoleh Uji Koefisien Determinasi sebesar 17,57 % yang berarti prestasi belajar ditentukan sebesar 17,57 % oleh adanya kemampuan beradaptasi siswa yang mengikuti pendidikan sistem ganda. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kemampuan beradaptasi siswa yang mengikuti pendidikan sistem ganda dengan prestasi belajar di SMK Negeri 14 Jakarta. Kata kunci: Kemampuan Beradaptasi Siswa dan Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Ratna Anggraini, S.E.,Akt.,M.Si 2.) Erika Takidah,S.E., M.Si,
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 06 Nov 2019 11:19
Last Modified: 06 Nov 2019 11:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1203

Actions (login required)

View Item View Item