PENGARUH SELF ESTEEM DAN SELF EFFICACY TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS X JURUSAN AKUNTANSI DI SMKN 8 JAKARTA

FITRI FEBRIYANTI, . (2019) PENGARUH SELF ESTEEM DAN SELF EFFICACY TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS X JURUSAN AKUNTANSI DI SMKN 8 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (193kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (186kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (136kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (150kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (167kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB)
[img] Text
11. a. Bab 1.pdf

Download (344kB)
[img] Text
11. b. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text
11. c. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text
11. d. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text
11. e. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara self esteem dan self efficacy terhadap prestasi belajar pada peserta didik kelas x jurusan akuntansi di smkn 8 jakarta. Waktu penelitian ini berlangsung dari bulan mei-juni 2019. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan jenis non eksperimental yang menggunakan metode survei. Dalam penelitian ini populasi terdiri atas seluruh peserta didik kelas x jurusan akuntansi dengan total 108 peserta didik.dan sampel yang dipilih berjumlah 84 peserta didik. Adapun penulis menggunakan rumus proportional random sampling dalam menentukan sampel dalam pada penelitian ini. Data sekunder yang berupa legger nilai mid semester genaptahun pelajaran 2018/2019 peserta didik kelas x smkn 8 jakartadigunakan untuk mengukut variabel y (prestasi belajar). Sedangkan kuesioner denganskala likert yang telah dilakukan uji validitas digunakan untuk mengukur data variabel x1 (self esteem) dan variabel x2 (self efficacy). Dari 35 pernyataan, untuk variabel x1sebanyak 9 butir drop dan 26 butir valid. Dari 35 pernyataan, untuk variabel x2sebanyak 8 butir drop dan 27 butir valid. Hasil dari uji reliabilitas variabel x1sebesar 0,914 dan variabel x2 sebesar 0,916. Penelitian ini menggunakan spss versi 24 untuk teknik analisis data. Hasil uji normalitas sebesar 0,055 mengindikasikan bahwa data berdistribusi normal. Hasil uji linearitas dibawah 0,05, variabel x1sebesar ,000 dan variabel x2sebesar ,015. Persamaan regresi berganda yang dihasilkan yakni Ŷ= 68,139 + 0,108 X1+ 0,052 X2. Hasil uji F pada tabel ANOVA yakni Fhitung (11,177) > Ftabel (3,11), mengindikasikan bahwa variabel Self esteem(X1)dan Self Efficacy (X2)secara simultan (bersama-sama) dan signifikan berpengaruh terhadap Prestasi Belajar (Y). Uji t menghasilkan parsial variabel Self Esteem(X1)memiliki thitung(3,928)dan variabel Self Efficacy (X2)thitung(2,055)dengan ttabel(1,989), mengindikasikan terdapat pengaruh dari variabel Self Esteem terhadap Prestasi Belajar, dan terdapat pengaruh dari variabel Self Efficacy terhadap Prestasi Belajar. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat kontribusi dari variabel Self Esteem dan Self Efficacyterhadap Prestasi Belajar peserta didik sebesar 21,6%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Zulaihati M.Si ; 2). Ati Sumiati, S.Pd., M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 25 Dec 2020 19:05
Last Modified: 25 Dec 2020 19:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12045

Actions (login required)

View Item View Item