UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI METODE PERMAINAN BINGO PADA SISWA KELAS III SD LABORATORIUM PGSD FIP UNJ JAKARTA SELATAN

HANA NURWAHIDAH SUDRAJAT, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI METODE PERMAINAN BINGO PADA SISWA KELAS III SD LABORATORIUM PGSD FIP UNJ JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_HNS_PGSD.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRANSKRIPSI_HNS_PGSD.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman kosakata bahasa Inggris dapat ditingkatkan melalui penerapan metode permainan bingo pada siswa kelas III SD Laboratorium PGSD FIP UNJ Jakarta Selatan. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus menurut model Kemmis dan McTaggart. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas III SD Laboratorium PGSD FIP UNJ. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes untuk mengukur pemahaman kosakata bahasa Inggris siswa dan lembar pengamatan untuk menilai efektivitas proses penerapan metode permainan bingo yang meliputi aktivitas guru dan siswa. Instrumen ini sudah diuji validitas dan realibilitas nya oleh dosen ahli. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu ditunjukkannya peningkatan yang signifikan pada perolehan skor pemahaman kosakata bahasa Inggris siswa setelah penerapan metode permainan bingo. Pada siklus I, persentase siswa yang memperoleh skor ≥ 70 hanya 65%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 95%. Peningkatan skor ini disebabkan oleh efektivitas proses pembelajaran yang juga meningkat melalui metode permainan bingo dari 65% menjadi 85%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Herlina, M.Pd, ; 2). Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 06 Nov 2019 12:16
Last Modified: 06 Nov 2019 12:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1209

Actions (login required)

View Item View Item