PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI PADA MATERI APBN ANTARA KELOMPOK SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (BINGO) DENGAN KELOMPOK SISWA YANG MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN CERAMAH PADA KELAS XI IPS DI SMAN 3 DEPOK

MELATI CARLINA MARGARETA, . (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI PADA MATERI APBN ANTARA KELOMPOK SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (BINGO) DENGAN KELOMPOK SISWA YANG MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN CERAMAH PADA KELAS XI IPS DI SMAN 3 DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
MELATI.pdf

Download (784kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa pada materi APBN antara kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (Bingo) dengan yang kelompok siswa yang menggunakan metode pembelajaran ceramah pada siswa kelas XI IPS di SMAN 3 Depok. Penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Depok selama 4 kali pertemuan dan dilaksanakan pada bulan November 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa XI di SMAN 3 Depok. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI-IPS 2 dan XI-IPS 3 yang masing-masing berjumlah 37 siswa (XI-IPS 2) untuk kelompok eksperimen dan 37 siswa (XI-IPS 3) untuk kelompok kontrol. Jumlah keseluruhan sampel sebanyak 74 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ditentukan dengan cara sampling purposive. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk objektif tes untuk materi APBN, APBD, Kebijakan Fiskal dan Pajak. Instrumen penilaian menggunakan soal yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 40 butir soal. Selanjutnya uji persyaratan analisis yaitu menguji normalitas X1 dan X2 dengan uji Liliefors, diperoleh data berdistribusi normal. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan yang menunjukkan L01 (0,120) < Lt1 (0, 1477) dan L02 (0,110) < Lt2 (0,1477). Kemudian dilakukan uji homogenitas dengan rumus Fisher dan diperoleh Fhitung < Ftabel (1,35< 3,97), ini menunjukkan bahwa H0 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa data kedua kelompok homogen. Dari perhitungan uji hipotesis dengan uji perbedaan dua rata-rata (uji-t) diperoleh hasil belajar siswa pada materi APBN, APBD, Kebijakan Fiskal dan Pajak menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (Bingo) = 84,51 lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan metode ceramah = 78,16. Perbedaan ini dianalisa dengan uji-t dan diperoleh harga rasio sebesar 1,67. Karena thitung lebih besar dari harga ttabel sehingga hipotesis nol ditolak, maka H0 ditolak dan hipotesis diterima. Jadi terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa pada materi APBN antara kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (Bingo) dengan kelompok siswa yang menggunakan metode ceramah pada siswa kelas XI IPS di SMAN 3 Depok. ************* This research is aimed to know about the different result of APBN that using Course Review Horay (Bingo) Models Learning and lecturing method at SMAN 3 Depok. This research was conducted at SMAN 3 Depok in four times,on November 2013. This method of research is experimental. The population of the research is all student of XI class. The sample student are from X1-IPS 2 and XI-IPS 3. The controlled class consist of 37 students which are from XI-IPS 2 and 37 experimental students are from XI-IPS 3. The total amount of the students is 74. The sample used in the research is determined by purposive sampling. The instrument used in the research is in form of objective test. The instrument used multiple choice questions that amount 40 questions. The next is analytical prerequisite test which is to test normality X1 and X2 with Liliefors experiment which draw conclusion that the distribution is normal. This is proven by the total amount which show that L01 (0,120) < Lt1 (0, 1477) and L02 (0,110) < Lt2 (0,1477). After that, homogenity experiment is done using Fisher and result Fhitung < Ftabel (1,35< 3,97), this shows that H0 is accepted so that both groups are homogen. From the hypothesis test total with two average test (uji-t) results of learning outcomes on students using Course Review Horay (Bingo) model, which is = 84,51 and it is higher than lecturing method = 78,16. The differences are tested by ttest and result ratio score 1,67. Because thitung is higher than ttabel, so H0 is denied and the hypothesis is approved. The research contributes a significant results between Course Review Horay (Bingo) model method and lecturing method on XI IPS student at SMAN 3 Depok.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Sri Niken Indahsari, S.E, M.Si. ; 2). Dicky Iranto, SE, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 29 Dec 2020 19:26
Last Modified: 29 Dec 2020 19:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12101

Actions (login required)

View Item View Item