HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR PADA SISWA SMK NEGERI 44 JAKARTA PUSAT

OKTA TRI SARI, . (2014) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR PADA SISWA SMK NEGERI 44 JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
OKTA TRI SARI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan berdasarkan data dan fakta yang fasih, benar dan dapat dipercaya apakah terdapat Hubungan Antara Lingkungan Keluarga dengan Hasil Belajar Kearsipan Pada Siswa Kelas X AP SKMN 44 Jakarta Pusat. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung sejak bulan April 2014 sampai dengan bulan Juni 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP SMKN 44 Jakarta Pusat. Sampel yang digunakan sebanyak 58 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik acak sederhana (Simple Random Sampling Technique). Persamaan regresi linier sederhana yang diperoleh adalah Ŷ = 26,22+0,60 X. Uji persyaratan analisis untuk menguji normalitas galat taksiran regresi Y atas X menunjukkan bahwa galat taksiran regresi Y atas X berdistribusi normal. Dalam uji hipotesis, uji keberartian dan kelinieran menyatakan regresi berarti dan linier. Koefisien korelasi yang dihitung dengan menggunakan rumus Product Moment dari Person menghasilkan rxy sebesar 0,629 sedangkan hasil dari uji signifikansi diperoleh thitung sebesar 6,055 dan ttabel sebesar 2,003. Dikarenakan thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar kearsipan yang dimilki siswa kelas X AP SMKN 44 Jakarta Pusat. Perhitungan koefisien determinasi menunjukkan 39,56 % variasi variabel Y ditentukan oleh variabel X. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Lingkungan Keluarga dengan Hasil Belajar Kearsipan Pada Siswa Kelas X AP SKMN 44 Jakarta Pusat. ************ This study aims to gain knowledge based on eloquent data and facts, right and trustworthy if there is relationship between family environment with the learning outcomes of Kearsipan subjects in class X AP SMKN 44 Central Jakarta. The research was conducted in three months from April 2014 to June 2014. The research method used is survey method with correlational approach. The population in the research were all the student class X AP SMKN 44 Central Jakarta. The samples used are 58 students. The sampling technique in this research is Simple Random Sampling Technique. Simple linier regression equation which has been obtained is Ŷ = 26,22+0,60 X. The test requirements analysis is the test to see the normality estimated regression error of Y on X. it shows that estimated regression error of Y on X is normally distributed. In hypothesis test, the worthy and linearity express linier and worth regression. Correlation coefficient is calculated by using the formula of Person Product Moment. It generates rxy 0,629 while the results obtained from significance test tcount is 6,055 and ttable is 2,003. Because of tcount > ttable, it can be concluded that there is a significant effect of relationship between family environment with the learning outcomes of Kearsipan subjects in class X AP SMKN 44 Central Jakarta. Coefficient calculation determination shows 39,56% Y variable variation is determined by X variable. The conclusion of this research is that there is a positive influence and significant of relationship between family environment with the learning outcomes of Kearsipan subjects in class X AP SMKN 44 Central Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra Nuryetty Zain, MM ; 2). Darma Rika S, S.Pd M.SE
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 04 Jan 2021 15:31
Last Modified: 04 Jan 2021 15:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12194

Actions (login required)

View Item View Item