HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI KELAS X DI SMK RANTI MULA BOGOR

RAHMAT HERIANTO, . (2014) HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI KELAS X DI SMK RANTI MULA BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPS Rahmat Herianto (8105102937)I.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan berdasarkan data dan fakta yang tepat tentang hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar akuntansi SMK Ranti Mula Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK Ranti Mula Bogor yang berjumlah 544 siswa. Populasi terjangkaunya adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi yang berjumlah 118 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling yang berjumlah 90 siswa. Pemanfaatan sarana pendidikan didapat dari seperangkat angket yang telah diisi oleh siswa dan telah diuji coba dengan hasil rhitung > rtabel 0,361 (valid) dan rhitung < rtabel (tidak valid). Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan regresi Ŷ = 61,81+0,21X. Hasil uji normalitas Liliefors menghasilkan Lhitung = 0,0752 sedangkan Ltabel untuk n = 90 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,0934. Karena Lhitung < Ltabel maka variabel X dan Y berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung (31,04) > Ftabel (3,95) yang berarti persamaan regresi tersebut signifikan. Uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung (1,56) < Ftabel (1,68) sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Uji koefisien korelasi Product Moment menghasilkan rhitung = 0,511 selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t, menghasilkan thitung (5,57) > ttabel (1,66). Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat diketahui bahwa hipotesis “diterima”. Asumsi ini mendukung teori Dimyati dan Mudjiono (2006), Nana Sudjana (2009), dan Djaali (2008) serta penelitian Diyanti Tri Kartika (2013), M. Nasir (2012), dan Susi Sri Sulastri dan Ngdirin Setiawan (2013). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat hubungan positif antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar akuntansi SMK Ranti Mula Bogor. Dengan uji koefisien determinasi diperoleh hasil 26,07% variabel hasil belajar (Y) ditentukan oleh Kebiasaan belajar (X). ********** This study aimed to obtain information and knowledge based on data and facts about The Correlation between Study Habits with Student Learning Outcomes in Introductory Accounting Subject SMK Ranti Mula Bogor. Survey method with the correlational approach was used in this research . The population in this study were all students at Central Jakarta SMK Ranti Mula Bogor total 544 students . Population inaccessibility is to students as straight as class X Accounting total 118 students. The sampling technique used is proportional random sampling total 90 students . Utilization of educational facilities obtained from a set of questionnaires that have been filled by students and has been tested with the results rhitung > rtabel 0,361 ( valid ) and rcount < rtable ( not valid ) . Test requirements analysis is done by looking for the regression equation Y = 61.81 +0.21 X The results of normality test Liliefors produce Lcount = 0.0752 while Ltable for n = 90 at significance level of 0.05 is 0.0934 . Because Lcount < Ltable the variables X and Y are normally distributed . Testing the hypothesis by testing the significance of regression yield of Fcount ( 31.04 ) > Ftable ( 3.95 ) which means that the regression equation significantly . Testing linearity of regression produces Fcount ( 1,56 ) < F table ( 1.68 ) thus concluded that the linear regression equation . Test Product Moment correlation coefficient = 0.511 rhitung generate further test the significance of the correlation coefficient using t-test , produce tcount ( 5.57 ) > t table ( 1.66 ) . Based on the results of hypothesis testing can be seen that the hypothesis " acceptable " . This assumption supports the theory Dimyati dan Mudjiono (2006), Nana Sudjana (2009), dan Djaali (2008) serta penelitian Diyanti Tri Kartika (2013), M. Nasir (2012), dan Susi Sri Sulastri dan Ngdirin Setiawan (2013). These results prove that there is a positive correlation between study habits to the learning outcomes of students in introductory accounting subjects SMK Ranti Mula Bogor. With a coefficient of determination of test results obtained 26,07% variable learning outcomes ( Y ) is determined by study habits ( X ).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Zulaihati, M.Si. ; 2). Ati Sumiati, S.Pd., M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 08 Jan 2021 14:14
Last Modified: 08 Jan 2021 14:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12259

Actions (login required)

View Item View Item