PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 99 JAKARTA TIMUR

RATNA DEWI KARTIKA SARI, . (2014) PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 99 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
RATNA DEWI KARTIKA SARI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan pengetahuan yang tepat (sahih, valid dan benar), dan dapat dipercaya (dapat diandalkan, realiabel) mengenai pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar ekonomi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 99 Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasional, yaitu untuk meneliti suatu peristiwa yang telah terjadi, yaitu prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X yang tertuang pada raport semester satu dan dua. Pengumpulan data menggunakan kuesioner skala likert untuk variabel motivasi belajar dan disiplin belajar serta dokumentasi SMA Negeri 99 Jakarta Timur untuk variabel prestasi belajar ekonomi. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X di SMA Negeri 99 Jakarta Timur yang berjumlah 90 siswa dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel berimbang (propotional sampling). Penelitian ini, menggunakan analisis regresi linear berganda, diperoleh fungsi regresi linear berganda Ŷ = 19,411 + 0,314 X1 +0,407 X2 Selain itu, menggunakan uji linieritas untuk mengetahui signifikan antara variabel X1, dan Y sebesar 0,925 ,dan X2 dan Y menghasilkan nilai sebesar 0,982 dengan nilai>0,05 berarti variabel motivasi belajar dengan variabel prestasi belajar ekonomi memiliki pengaruh yang positif, demikian juga dengan variabel disiplin belajar dengan prestasi belajar memiliki pengaruh yang positif. Determinasi menunjukkan R= 0,653 dengan R Square sebesar 0,426 berarti prestasi belajar ekonomi ditentukan sebesar 42,6% oleh motivasi belajar dan disiplin belajar. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X. Semakin tinggi motivasi dan disiplin belajar, maka semakin tinggi pula prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X di SMA Negeri 99 Jakarta Timur. Pada akhirnya, disarankan siswa kelas X untuk dapat meningkatkan motivasi dan disiplin belajar agar mencapai tujuan belajar, yaitu untuk meningkatkan prestasi belajar khususnya pada pelajaran ekonomi. ************ The purpose of this study was to gain the proper knowledge (valid, approval, and right), and trustworthy (reliable) regarding The Influence Motivation And Dicipline To Learn On The Learning Achievement Of Economic On Students Of The Tenth Class In Sma Negeri 99 Jakarta Timur. This study uses a survey method, that method is to investigate an incident that has occurred, the results of studying economics at the tenth class is contained in semesters one and two books report. Data collection using a Likert scale questionnaire for Motivation And Dicipline To Learn variable in the study and documentation of SMA Negeri 99 Jakarta Timur to learn the learning Achievement of economic variable. Samples in this study is the tenth class in SMA Negeri 99 Jakarta Timur, amounting to 90 students with the sampling technique used was a balanced sample (proportional sampling). This research using multiple linear regression analysis, obtained by multiple linear regression with function Ŷ = 19,411 + 0,314 X1 +0,407 X2 . In addition,for using the linearity test to determines significance between X1 and Variable Y of 0,925, and X2 and Variable Y of 0,982 wiyh a value of >0,05. Means, variable achievement motivation toward learning has a positive influence, as well as the discipline of learning achievement variables have a positive effect. Determination shows R= 0,653 with R square= 0,426 economic means learning achievement is determined by 42,6 % the learning achievement and motivation and discipline to learn. The Conclusions of this study, there is significant influence between motivation learning and discipline learning, the learning achievement of economic on students of the tenth class. The higher the motivation and decipline learning, so the higher achievement learning of economic on students the tenth class in SMA Negeri 99 Jakarta Timur. In the end, it is advisable to apply on students tenth class motivation and dicipline learning in order to achieve the learning objectives, namely to improve learning achievement, especially in the subject economic.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. I Ketut R.Sudiardhita, M.Si. ; 2). Karuniana Dianta, S.IP, ME.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 08 Jan 2021 14:39
Last Modified: 08 Jan 2021 14:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12262

Actions (login required)

View Item View Item